0 %

Tue, 29 Jan 2019
4 Hal Pertama yang Harus Dilakukan di Setiap Hari Kerja

Pernah merasakan waktu berjalan sangat cepat? Tanpa terasa sudah saatnya istirahat makan siang tanpa satu pun pekerjaan yang terselesaikan. Jika hal ini dibiarkan lama-lama produktivitas kerjamu menurun dan dapat mempengaruhi semangat kerja. Coba bikin harimu lebih produktif dengan memasukkan empat hal berikut ini dalam rutinitas pagi.


1. Lakukan Tugas Terpenting Terlebih Dahulu

Gunakan awal jam kerjamu sebagai waktu terbaik untuk menilai prioritas dan fokus pada apa yang ingin dicapai hari itu. Buat daftar tugas dan coba untuk konsisten mengikutinya. Tapi jika ada tugas yang lebih mendesak, tidak ada salahnya bersikap fleksibel untuk mengubah prioritas dengan alasan yang kuat. Lakukan tugas terpenting terlebih dahulu karena kebanyakan orang akan memiliki tekad dan motivasi paling kuat di pagi hari, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil terbaik dan lebih cepat.


2. Abaikan Hal-Hal Kecil

Jangan menghabiskan pagi hari dengan membaca dan menjawab email. Fokuskan pada apa yang perlu dilakukan, bukan hal-hal kecil yang orang-orang butuhkan darimu.

Periksa email dengan cepat untuk melihat apakah ada pekerjaan yang perlu diprioritaskan dan akan memengaruhi cara kerjamu di hari itu. Jika perlu buat batas waktu, misalnya hanya satu jam untuk membuat daftar pekerjaan, menangani email, menyiapkan kopi, hingga menyapa rekan kerja, lalu segera melangkah ke tugas terpenting.


3. Atur Daftar Pekerjaan

Mengatur daftar hal yang harus dilakukan mungkin terdengar seperti menambah tumpukan pekerjaan yang sudah ada. Tapi melakukan hal ini di awal hari bertindak sebagai kompas yang akan membawamu ke tujuan yang tepat. Masalah yang menantang adalah bagaimana memutuskan tugas mana yang lebih penting atau mendesak.

Coba tanyakan pada diri sendiri, misalnya apakah pekerjaan tersebut berpengaruh besar buat karirmu, prioritas utama dari atasan, apakah menghasilkan uang, mampu meringan beban mental, hingga deadline yang diberikan. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, uraikan tugas-tugasmu si hari itu dan urutkan dari yang paling penting ke hal terakhir yang masih bisa ditunda atau dialihkan pada orang lain.


4. Sapa Rekan Kerja di Pagi Hari

Terdengar sederhana, tapi menyapa rekan kerja di pagi hari tidak hanya membantumu memulai hari dengan suasana hati yang baik, tapi juga penting untuk menjaga hubungan baik. Kamu tidak akan pernah tahu kapan akan meminta tolong pada mereka untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan yang penting. Cukup luangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol hal-hal ringan seperti rencana di akhir pekan atau film apa yang menarik untuk ditonton nanti malam.


Mulai hari dengan lebih produktif dengan memasukkan empat hal ini ke dalam rutinitas pagi setiap hari.