0 %

Mon, 17 Jun 2019
5 Cara Sederhana Bawa Kebaikan ke Tempat Kerja

Kebanyakan orang menghabiskan cukup banyak waktu di tempat kerja. Suasana yang kaku, formal, serta ketatnya persaingan seringkali menjauhkan aura hangat yang dapat memicu produktivitas kerja. Untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif, sebenarnya sederhana saja. Mulai saja dari diri sendiri dengan melakukan 5 hal simple ini.


1. Hindari Terlalu Sering Memberikan Kritik

Tanpa disadari kita terkadang cukup kejam pada orang-orang lain di sekitar tentang apa pun. Mulai dari menertawakan kesalahan rekan kerja, memberikan kritik atas pekerjaannya tanpa memberi solusi yang dapat membantunya, bahkan mempermasalahkan hal-hal kecil seperti gaya rambut maupun pakaiannya.

Mulailah dari diri sendiri untuk mengurangi negativitas yang terjadi di lingkungan kerjamu. Bersikap lebih bijak dalam memberikan pendapat, misalnya dengan menggunakan kata-kata bernada positif dan membatasi pembicaraan negatif yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.


2. Mengenali Kelebihan Rekan Kerja

Tidak jarang muncul masalah dan konflik di tempat kerja karena lebih sering fokus pada kelemahan yang dimiliki masing-masing orang. Ingatkan pada diri sendiri tentunya ada alasan mengapa rekan kerja dipercaya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan hargai kemampuan yang dimilikinya.

Berhenti untuk saling mengomentari dan benar-benar perhatikan kelebihan yang dimiliki rekan kerja. Nantinya, kamu bisa belajar satu sama lain dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih ramah dan produktif.


3. Lakukan Obrolan yang Bermakna

Pekerjaan bisa membuatmu sangat sibuk sehingga seringkali sulit untuk melakukan percakapan yang bukan sekadar basa-basi saat bertemu di pagi hari atau saat meeting. Cukup luangkan waktu 5-10 menit sehari untuk menanyakan bagaimana kabar rekan kerja dengan tulus bisa sangat berarti. Kenali rekan kerja lebih dalam, terutama pada urusan di luar pekerjaan yang akan bikin lingkungan kerja terasa lebih ramah dan terbuka.


4. Rencanakan Kegiatan yang Menyenangkan di Kantor

Bekerja, bekerja, dan bekerja bisa bikin lingkungan kerja terasa monoton dan membosankan. Hal ini tentunya akan berdampak pada semangat kerja dan produktivitas yang menurun.

Jadilah pelopor untuk merencanakan kegiatan yang menyenangkan di kantor yang tidak akan mengganggu rutinitas kerja. Misalnya mendekor ruang kerjamu dengan tema liburan yang akan datang, merayakan ulang tahun rekan kerja, mengajak nonton bareng atau mengadakan buka puasa bersama di bulan Ramadan.


5. Sesederhana Tersenyum Ramah

Walau terdengar sederhana, tersenyum dapat membuat orang-orang di sekitarmu merasa lebih diterima. Ketika bertemu rekan kerja saat membuat kopi atau menaiki lift bersama, berusahalah untuk melakukan kontak mata dan tunjukkan senyum tulusmu. Ini adalah cara kecil untuk membantu seseorang untuk merasa dilihat, didengar, dan diakui keberadaannya.


Ini hanya lima cara sederhana untuk membawa kebaikan ke tempat kerja. Ingat, setiap tindakanmu akan berdampak besar dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih hangat dan positif. Selamat mencoba!