0 %

Thu, 16 May 2019
5 Kebiasaan Sepele yang Bakal Jadi Godaan Berat di Bulan Puasa

Bulan Ramadan disebut sebagai bulan yang penuh berkah dan jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang berlomba meraih pahala. Mulai dari menjalankan ibadah puasa, berbagi kebaikan, dan menghindari hal-hal yang kurang bermanfaat.

Selain makan dan minum dengan sengaja, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa membatalkan puasa dan mengurangi pahalamu. Apa saja, sih?


1. Berbohong

Ramadan menjadi bulan yang suci dan mengharuskan umat Muslim untuk menjaga diri dari perbuatan yang dilarang, salah satunya berkata bohong. Walau skalanya dianggap kecil, kebohongan atau berkata dusta dapat mengurangi pahala. Jangan sampai amalanmu jadi berkurang karena mengatakan yang tidak sesuai dengan kebenarannya.


2. Bergosip

Setiap kali berkumpul dengan teman atau sahabat, kebiasaan sepele yang satu ini akan sulit dihindari. Padahal membicarakan orang lain atau bergosip bisa bikin pahala puasa berkurang karena termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah.

Segera ganti topik pembicaraan dengan obrolan yang lebih bermanfaat, misalnya membahas resep makanan untuk berbuka, restoran untuk tempat bukber, atau berdiskusi soal ilmu agama. Sebaiknya, jangan hanya mengurangi kebiasaan ini selama bulan Ramadan, tapi juga seterusnya tidak membicarakan keburukan orang lain di belakangnya.


3. Tidur Sepanjang Hari

Banyak yang beranggapan jika tidur merupakan salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadan, tapi jangan sampai melakukannya berlebihan. Tidur sepanjang hari justru mengurangi bahkan menghilangkan pahala karena membuatmu enggan melakukan kegiatan apapun, baik beribadah maupun melakukan hal yang lebih bermanfaat. Tiduran untuk mengembalikan energi saat puasa boleh-boleh saja, tapi sebaiknya batasi dan gunakan waktumu untuk hal-hal yang mendatangkan pahala.


4. Mengeluh

Mengeluhkan kondisimu yang sedang lapar atau haus saat puasa ternyata bisa mengurangi pahala berpuasanmu, lho. Walau sering dianggap sepele oleh orang-orang yang sedang berpuasa, hal ini mencerminkan sikap kurang ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya alhikan perhatianmu dengan berzikir, mendalami ilmu agama, beramal, atau sekadar menghabiskan waktu dengan hunting menu takjil.


5. Marah-Marah

Marah merupakan reaksi emosional yang wajar dirasakan oleh manusia, terutama saat emrasakan ketidakadilan. Tapi hal ini dapat mengurangi pahala jika dipicu oleh hawa nafsu, bahkan saat diikuti dengan kata-kata kasar. Padahal berpuasa punya tujuan untuk mengajarkan umat Muslim untuk menahan amarah.

Jika ada yang membuatmu kesal, daripada marah-marah dan membatalkan puasamu, lapangkan hai dan maaafkan tindakan orang lain. Ingat bersabar dan memaafkan orang lain akan memberikanmu lebih banyak pahala, terutama di bulan Ramadan.


Kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari ini tanpa disadari bisa bikin pahala berpuasamu jadi berkurang. Yuk, kuatkan iman agar pahala puasa yang sudah dijalankan tetap utuh.