0 %

Thu, 16 May 2019
5 Kiat Jitu Traveling di Bulan Ramadan Tanpa Batalkan Puasa

Ada keuntungan tersendiri saat mengagendakan traveling di bulan Ramadan. Mulai dari tarif transportasi maupun akomodasi yang lebih miring hingga destinasi wisata yang lebih sepi pengunjung.

Namun tidak sedikit yang galau melakukannya dengan alasan takut ibadah puasa jadi terganggu. Tenang, ada beberapa kiat jitu yang bisa digunakan buat yang ingin mengisi bulan Ramadan dengan traveling, tanpa risiko membatalkan puasa.


1. Pilih Destinasi yang Tepat

Jika ingin menikmati traveling di bulan Ramadan dengan nyaman, rencanakan sebaik mungkin sejak awal. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi liburan yang tepat dan sesuai dengan momen Ramadan.

Pilih beberapa destinasi yang mendukung ibadah puasa, misalnya melakukan traveling ke negara yang ramah Muslim atau mengunjungi masjid bersejarah. Jika ingin memilih destinasi yang cukup jauh, pastikan perjalanan tidak terlalu berat sehingga tidak akan mengganggu puasamu.


2. Jaga Kesehatan

Traveling di bulan puasa tentunya berbeda dengan momen lainnya karena harus benar-benar mempersiapkan diri, terutama kondisi fisik. Sejak jauh-jauh hari, pastikan kesehatan dalam kondisi prima sehingga dapat traveling sekaligus tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Jangan sampai tenaga terkuras dan staminamu jadi drop sehingga sulit menikmati pengalaman traveling kali ini.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar, pastikan untuk menjaga pola makan yang bernutrisi dan seimbang, banyak istirahat, dan rutin lakukan olahraga ringan. Jika perlu, konsumsi multivitamin untuk menjauhkan gangguan kesehatan.


3. Jangan Lewatkan Sahur

ke mana pun tujuan travelingmu, kamu butuh tenaga yang cukup banyak sehingga bisa jadi tantangan tersendiri saat melakukannya di tengah bulan puasa. Agar tetap berenergi, pastikan menyantap menu sahur yang cukup dan bergizi tinggi agar dapat mendukung aktivitasmu.

Untungnya, ada beberapa penginapan yang menfasilitasi menu sahur untuk mengisi energi sebelum mengeksekusi agenda traveling yang sudah dibuat. Tidak ada salahnya juga bersiap-siap dengan menyediakan makanan yang praktis dan tetap jadi sumber tenaga, seperti roti gandum, oatmeal dan buah-buahan.


4. Bawa Barang Seperlunya

Sebelum berangkat traveling, kemas barang-barang yang hanya diperlukan saja. Jangan sampai bawaanmu jadi berlebihan yang hanya akan menguras tenagamu saat harus membawanya ke mana-mana, bahkan menghabiskan uangmu karena terpaksa membayar kelebihan bagasi di pesawat.


5. Hindari Arus Mudik

Traveling di bulan puasa memang terbilang lebih mudah dan murah mendapatkan tiket transportasi, apalagi jika dilakukan sebelum liburan sekolah. Pilih waktu terbaik untuk traveling dan hindari arus mudik jelang Lebaran. Selain harga yang dapat melambung tinggi, peluangmu untuk mendapatkan transportasi yang akan membawamu ke destinasi akan lebih terbatas.


Traveling di bulan puasa bisa jadi pengalaman yang unik dan seru, asal dimulai dari rencana yang tepat sejak awal. Siap menjajal jalan-jalan sambil tetap jalankan ibadah puasa?