0 %

Wed, 4 Oct 2017
5 Mitos Batuk yang Perlu Diketahui

Batuk termasuk gangguan kesehatan yang paling sering menyerang dan nggak jarang mengganggu aktifitas sehari-hari, bahkan saat tidur di malam hari. Ada banyak informasi yang beredar, tapi sebisa mungkin cari tahu kebenarannya, sehingga kondisi kesehatan cepat pulih. Yuk, cari tahu beberapa mitos batuk yang wajib diketahui.


1. Semua Batuk Disebabkan Infeksi
Banyak orang yang menganggap batuk sebagai penyakit, padahal ini merupakan respon tubuh untuk melindungi diri dari benda asing yang ada di dalam saluran pernafasan. Selain disebabkan oleh virus, ada banyak alasan orang mulai batuk-batuk. Mulai dari infeksi bakteri penyebab pneumonia, Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) yang memicu batuk kronis, asap, debu, hingga senyawa kimia yang nggak sengaja terhirup.


2. Semua Batuk Perlu Antibiotik
Kebanyakan batuk disebabkan oleh virus, sehingga meminum antibiotik biasanya nggak banyak membantu meringankannya. Walau ada bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan dan memicu batuk-batuk, bukan berarti bisa meminum antibiotik secara sembarangan dan tanpa resep dokter. Agar tepat dalam mengobati batuk, lebih baik konsultasikan kondisi kesehatan terlebih dahulu pada dokter.


3. Batuk Bisa Sembuh dengan Sendirinya
Batuk yang terjadi merupakan upaya tubuh untuk melindungi saluran pencernaan dari infeksi dan iritasi. Tapi jangan biarkan batuk terjadi terus-menerus karena yakin dapat sembuh dengan sendirinya. Selain melakukan pengobatan rumahan, atasi batuk dengan menggunakan obat OTC yang tepat dan sesuai dengan jenisnya.