0 %

Tue, 2 Oct 2018
5 Skill yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja Zaman Now

Pencarian kerja zaman now kian sulit karena persaingan yang semakin ketat, apalagi dengan serbuan tenaga asing menuju era globalisasi. Agar mampu bersaing dan merebut peluang mendapatkan karir yang sukses, tidak ada salahnya para pencari kerja membekali diri dengan 5 skill wajib berikut ini.


1. Tahu Komputer
Sudah umum rasanya perusahaan mencantumkan kemampuan mengoperasikan komputer sebagai salah satu persyaratannya. Minimal Microsoft Office, terutama Word tapi bukan hanya sekadar mengetik tapi juga membuat header, tabel, hingga mengubahnya menjadi format lain seperti PDF. Selain itu, program lain yang sebaiknya dikuasai adalah Excel, khususnya posisi yang berkaitan erat dengan administrasi.


Nah, kualifikasimu akan semakin tinggi jika mampu menguasai program lain, seperti Adobe, Corel, hingga Content Management System (CMS) pada blog atau situs. Paling tidak, mengetahui fungsi program tersebut akan membuat pekerjaanmu jadi lebih mudah.


2. Mengerti Dunia Internet Digital
Kemampuan di bidang digital atau internet bisa membawa kontribusi positif buat kemajuan karirmu. Saat ini, banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet, mulai dari mencari lowongan pekerjaan, menjalin koneksi. Hingga mencari referensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor.


Memanfaatkan media sosial juga bisa menjadi skill yang bermanfaat, terutama di tengah perkembangan bisnis start up yang cukup hangat. Banyak bidang yang kini menggunakan kemampuan atau pengalaman bermedia sosial, mulai dari pemasaran, sales, hingga branding.


3. Menguasai Bahasa Asing
Bahasa asing seperti Bahasa Inggris kini seakan sudah jadi persyaratan wajib yang diberikan para pencari kerja. Selain punya manfaat besar dalam mencari informasi, kemampuan berbahasa asing juga memudahkanmu untuk menjalin koneksi dengan kolega atau klien yang berasal dari luar negeri.