0 %

Tue, 15 Oct 2019
Alasan Penting Abaikan Kritik Negatif dari Orang Lain

Siapa pun dalam hidupnya pasti pernah mendapatkan kritik, baik tentang sifat, perilaku hingga pekerjaannya. Terkadang kamu akan mendapatkan kritikan yang membangun, tapi nggak jarang juga mendapatkan opini negatif berupa kata-kata kasar dan menjatuhkan semangatmu. Daripada menghabiskan tenaga dan waktu untuk menghadapinya, abaikan saja berdasarkan alasan-alasan berikut ini.

1. Kritik yang Cenderung Fokus pada Hal Negatif

Sudah jadi hal yang manusiawi jika kita cenderung fokus pada hal-hal yang bersifat negatif ketimbang positif. Jika hal ini membuatmu memikirkannya sepanjang malam dan malah jadi obsesi yang nggak sehat, ada baiknya untuk mengabaikannya ketimbang memengaruhi semangat dan motivasimu.

2. Membuatmu Jadi Kurang Bahagia

Ada banyak bukti jika semakin kamu nggak bahagia, bukan hanya akan memengaruhi kinerjamu di tempat kerja, tapi juga kesehatan dan pribadimu. Bahkan, situs Inc juga menambahkan jika mendengarkan kenegatifan itu sebenarnya buruk bagi otakmu. Setelah mendengarkan kritik buruk tersebut, ada baiknya untuk pertimbangkannya dengan saksama apakah itu sepadan dengan pemikiran dan usahamu.

3. Pengkritik Punya Motif yang Meragukan

Sering kali, kritik negatif dan kata-kata menyakitkan berasal dari mereka yang nggak percaya diri dengan kehidupan dan bakatnya sendiri. Rasa cemburu merupakan salah satu emosi buruk yang mendorong orang untuk mengatakan hal-hal kejam pada orang-orang yang mereka anggap lebih baik. Memahami bahwa komentar yang aneh dan menyakitkan biasanya datang orang-orang dengan motif yang meragukan menjadi kunci tepat untuk mengabaikan kritik yang datang padamu.

4. Menghentikan Kesempatanmu

Terkadang kamu lebih memilih untuk menyimpan dalam-dalam ide dan impianmu, ketimbang mewujudkannya karena takut mendapat kritik negatif dari orang lain. Terdengar familiar bukan? Padahal hal ini akan mengacaukan kesempatanmu, bahkan bisa berisiko membuatmu menyesal karena melewatkan peluang emas.

Jika kritik yang diberikan nggak berdampak pada perjalananmu dalam mencapai tujuan yang diinginkan, sebaiknya abaikan saja opini buruk dari orang lain. Bisa saja mereka nggak ingin melihatmu lebih sukses atau iri dengan keberhasilanmu.

5. Berasal dari Orang yang Nggak Mengenalmu

Sering membaca ketikan para netizen saat berkomentar pada situasi atau orang-orang populer? Kebanyakan sukses bikin geleng-geleng kepala saking pedasnya, padahal kenal pun belum tentu.  Terkadang orang-orang yang paling menyakitkan dan kritis adalah orang-orang yang tidak mengenalmu dengan baik sejak awal.

Sangat mudah untuk bersikap kritis terhadap orang-orang yang tidak dikenal karena tanpa disadari pikiran kita lebih suka menangkap yang terburuk dalam diri orang lain. Hal ini dipicu kondisi manusia yang ingin menjadi lebih baik daripada orang lain sementara semuanya sudah diketahui. Daripada mempercayai kritik yang berasal dari orang tak dikenal, lebih baik terima kritikan obyektif dan bijaksana dari orang-orang yang kamu hormati.

Apa yang kita percayai tentang diri sendiri bisa jadi kekuatan untuk mencapai tujuanmu. Jangan biarkan kritikan negatif yang nggak membawa pengaruh baik merebutnya darimu.