0 %

Tue, 29 Jan 2019
Atasi Sulitnya Mempertahankan Kebiasaan Baik dengan 5 Langkah Jitu Ini

Konsistensi dan komitmen menjadi kunci untuk mencapai impian dengan cepat. Tidak ada hal lain yang akan menghalangi jalanmu, kecuali memiliki kebiasaan buruk. Kebanyakan orang berusaha untuk mengubahnya secara drastis, tapi tidak jarang juga yang akhirnya kembali ke kebiasaan lama.

Yuk, jajal 5 langkah jitu ini yang bukan hanya akan membantumu mengawali kebiasaan baik, tapi juga terus mempertahankannya.


1. Miliki Keinginan yang Kuat

Awali dengan mengetahui dan memutuskan apa yang menjadi tujuanmu. Hal ini akan menjadi motivator utama dan membuatmu memiliki keinginan yang kuat. Sebaliknya, jika memulai dengan setengah hati, kamu tidak akan pernah mencapai kesuksesan, jadi, pastikan ada sesuatu di dalam dirimu yang benar-benar akan memotivasi diri untuk terus maju dan pantang berhenti.


2. Jangan Menundanya

Kebiasaan baru tidak akan muncul secara ajaib. Miliki titik awal mulai sekarang, jangan menunggu atau menundanya. Lebih mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk hari ini daripada besok. Selain itu, hindari memberikan banyak alasan mengapa kamu tidak bisa memulainya secepat mungkin. Tapi berpegang saja pada satu alasan yang mendorongmu untuk terus berusaha mempertahankan kebiasaan baik.


3. Beritahukan Pada Semua Orang

Beritahukan niat untuk menurunkan berat badan atau berhenti merokok pada orang-orang di sekelilingmu. Biarkan semua orang mengikuti perjalananmu, baik dengan menceritakannya secara langsung, mengunggahnya di media sosial atau menuliskannya di blog maupun membuat vlog.

Temukan orang-orang positif yang kamu kenal dan ceritakan tentang niatmu untuk memulai kebiasaan yang baik. mereka bisa membantu dengan memastikanmu berada di jalur yang benar dan melakukannya dengan cara yang baik. Hal ini sangat penting, terutama saat kamu mulai merasa ingin menyerah dan kembali ke kebiasaan lama.


4. Hilangkan Gangguan

Agar tetap konsisten mempertahankan kebiasaan baik, kamu harus memiliki fokus dan tekad yang kuat agar tidak ada yang dapat mengalihkanmu. Sayangnya, akan ada banyak godaan dan tantangan yang dapat membuat semangatmu patah dan kembali ke kebiasaan buruk.

Jangan biarkan komitmenmu terombang-ambing hanya gara-gara kalimat “sekali ini saja.” Hanya butuh satu langkah salah saja untuk membawamu kembali ke titik awal. Oleh karena itu, ada baiknya membentengi diri dari gangguan untuk 3 minggu pertama yang menjadi saat adaptasi dan 3-4 minggu lagi untuk menjadikannya sebagai bagian dari hidupmu.


Pilihan yang dibuat hari ini akan menentukan kebiasaanmu di masa depan. Hanya butuh kepercayaan diri dan motivasi untuk mengembangkan kebiasaan yang akan memaksimalkan potensimu.