0 %

Fri, 21 Jan 2022
Batuk Bisa Berisiko. Kenali Jenisnya!

Batuk adalah salah satu gejala penyakit yang paling umum terjadi pada tubuh manusia. Gejala batuk muncul akibat respon alami tubuh untuk mengeluarkan zat asing dari dalam saluran pernapasan. Namun, batuk juga memiliki risiko mulai dari yang ringan hingga yang berat. 

Simak beberapa jenis batuk serta risikonya sehingga bisa tahu bagaimana penanganannya:

  1. Batuk Berdahak

Jenis batuk yang satu ini biasanya disebabkan oleh adanya dahak atau lendir yang mengganjal pada sistem pernapasan. Gejala lain yang umumnya dialami bersamaan dengan batuk berdahak adalah tenggorokan gatal, tubuh menggigil, dan mengalami kelelahan. 

Penanganan pertama yang bisa dilakukan ketika mengalami batuk berdahak adalah dengan menggunakan humidifier yang dicampur dengan larutan essential oil aroma Lavender atau aroma lainnya di malam hari. Cara ini bisa meningkatkan kelembapan udara sekaligus membersihkan udara yang kotor pemicu munculnya batuk. Jangan khawatir, apabila di rumah tidak tersedia humidifier bisa juga dengan menghirup uap air hangat. Hal ini bisa mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan.

  1. Batuk Kering

Salah satu batuk yang sering dialami adalah batuk kering. Berbeda dengan batuk berdahak, batuk ini tidak mengalami penumpukan lendir pada tenggorokan dan paru-paru. Gejala batuk ini dapat disebabkan oleh kontaminasi akibat polusi, debu, dan udara yang tidak bersih pada saluran pernapasan. Batuk kering ditandai dengan sensasi gatal di tenggorokan yang umumnya memburuk di malam hari. 

Meskipun terlihat ringan, batuk ini jangan terus dibiarkan karena bisa meningkatkan iritasi pada saluran pernapasan. Penanganan pertama yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan mengonsumsi irisan jahe dicampur air hangat atau teh hangat yang dikombinasikan dengan madu dan irisan lemon untuk membantu meredakan batuk dan melembabkan tenggorokan.

Selain penanganan yang telah disebutkan di atas, obat dengan kandungan ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dan Dekongestan yang berfungsi melonggarkan saluran pernafasan dapat diberikan sebagai pertolongan pertama saat di rumah, lho. Tetap jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan, rutin berolahraga, dan konsumsi makanan dengan gizi lengkap supaya terhindar dari batuk akibat penyakit.

Source: