0 %

Thu, 16 May 2019
Belanja Hemat Bebas dari Godaan Habiskan THR Sebelum Lebaran

Menerima kabar jika THR sudah cair membuat harimu lebih ceria jelang Lebaran. Namun dompet yang menggendut bisa bikin nafsu belanja menggila. Apalagi banyak promo yang digelar, bukan hanya di berbagai pusat perbelanjaan tapi juga marketplace yang seakan berlomba menawarkan aneka program diskon.

Hasilnya, tak jarang THR sudah habis sebelum hari raya tiba. Yuk, lakukan penghematan dengan menggunakan beberapa trik berikut ini.


1. Membuat Prioritas

Senangnya melihat rekeningmu yang menggendut setelah menerima gaji bulanan dan THR. Melihat angka yang bertambah, tak menutup kemungkinan jika kamu ingin membelanjakannya. Tapi bukan berarti bebas mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Buat daftar prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi untuk merayakan Lebaran. Mulai dari zakat, keperluan mudik, membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, dan tentunya menyisakan uang seusai hari raya.


2. Tentukan Bujet Belanja

Setelah membuat prioritas, tentukan bujet yang diperlukan agar tidak kurang atau berlebihan saat berbelanja. Ada baiknya mengambil uang di rekening dan pisahkan sesuai pos-pos pengeluaran. Hal ini akan memudahkanmu untuk menyisihkan mana pengeluaran untuk kebutuhan Lebaran maupun belanja kebutuhan harian. Selain itu, cara ini juga membantumu untuk mengukur seberapa banyak uang yang sudah dibelanjakan.


3. Tinggalkan Kartu Debit atau Kredit di Rumah

Anggaran sudah dibuat, kini saatnya belanja. Lebih baik bawa uang cash yang diperlukan untuk membeli barang-barang yang ada dalam daftar prioritas. Tinggalkan kartu debit atau kredit yang bisa bikin kamu khilaf dan kalap belanja karena tinggal menggesekkan kartu ajaib tersebut. Jika tergoda untuk membeli barang-barang di luar daftar atau anggaran, tunggu hingga semua keperluan terpenuhi. Baru pikirkan kebutuhan lainnya dengan matang-matang untuk membelinya atau merelakannya.


4. Cari Promo Diskon yang Diperlukan

Manfaatkan gadget untuk mencari referensi di internet sebelum berbelanja. Kini kian banyak pusat perbelanjaan atau merek-merek tertentu yang mengumumkan promo diskon yang akan digelar. Hal ini akan memudahkanmu untuk menyusun bujet dan menghemat waktu, ketimbang menyusuri toko atau departemen satu per satu untuk mencari barang dengan harga yang lebih mudah.

Pertimbangkan juga untuk berbelanja secara online yang lebih praktis dan hemat waktu, daripada harus berdesak-desakan dengan pembeli lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga yang lebih murah saat membeli secara online maupun offline.


5. Cek Barang yang Akan Dibeli

Terkadang barang-barang yang ditawarkan dengan potongan harga besar-besaran punya kualitas yang kurang bagus. Biar tak menyesal, pastikan untuk mengecek barang yang akan dibeli. Terkadang ada sedikit kerusakan yang bikin kamu harus mengeluarkan ekstra usaha dan uang, misalnya harus mencuci baju yang terkena noda atau menjahit kancing yang copot.


Siap membelanjakan THR dengan cerdas tahun ini?