0 %

Fri, 1 Mar 2019
Bikin Lingkungan Makin Asri, Langkah Go Green Ini Juga Jaga Udara Tetap Bersih

Keadaan lingkungan yang tak lagi asri merupakan dampak dari kurangnya pengetahuan maupun informasi yang didapat dan tidak adanya tindakan untuk melestarikannya. Padahal setiap orang punya kekuatan untuk berkontribusi bagi lingkungan. Lewat tindakan yang dapat dilakukan dengan mudah setiap harinya, yuk, buat perbedaan bukan hanya mempertahankan keasrian lingkungan saja tapi juga menjaga udara tetap bersih.


1. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor

Polusi yang berasal dari asap kendaraan bermotor merupakan kontributor terbesar bagi polusi udara, terutama di perkotaan. Pengemudi mobil dapat terpapar polusi udara dua kali lebih banyak daripada pejalan kaki dan sembilan kali lebih banyak dari pengendara sepeda. Jadi dengan memilih untuk berjalan kaki, bersepeda, maupun menggunakan transportasi umum, polusi udara bisa dikurangi sekaligus mendorongmu untuk beraktivitas fisik.


2. Meminimalkan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Terkadang ada limbah plastik yang sulit untuk dihindari, misalnya kemasan pada makanan. Tapi kamu bisa meminimalisir sampah plastik lainnya seperti kantong plastik yang biasanya diberikan saat berbelanja dengan membawa tas belanja sendiri.

Bukan hanya mengurangi tumpukan sampah yang setiap hari jumlahnya makin meningkat, tindakan sederhana ini juga mampu mengurangi polusi udara. Seringkali sampah plastik dibakar di tempat pembuangan sampah dan melepas partikel-partikel kecil yang mengandung toksin ke udara. Tak bisa dilihat oleh mata manusia, limbah beracun ini dapat memasuki tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan.


3. Matikan Alat Listrik yang Tidak Dipakai

Matikan lambu dan cabut peralatan elektronik saat tidak menggunakannya. Energi listrik yang digunakan untuk menerangi rumah dan menyalakan peralatan elektronik sebagian besar berasal dari pembangkit listrik yang masih menggunakan bahan bakar minyak.

Oleh karena itu, dengan mematikan peralatan listrik akan menghemat energi yang berharga dan tentunya mengurangi polusi udara. Selain itu, hemat lebih banyak listrik dengan beralih ke bola lampu atau peralatan yang lebih rendah energi.


4. Hindari Membakar Sampah

Bukan hanya sampah plastik saja yang sering dimusnahkan dengan cara dibakar, lingkungan sekitar rumah pun sering terganggu oleh asap dari pembakaran sampah dedaunan. Daripada mencemari udara dengan membakar limbah yang berasal dari kebun maupun rumah tangga, ubah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk menutrisi tanah dan baik bagi tanaman maupun kebun di rumah.


5. Buat Produk Pembersih dari Bahan-Bahan Alami

Produk pembersih yang sering digunakan di rumah dapat menghasilkan Volatile Organic Compounds yang dapat menyebabkan masalah pada sistem pernafasan hingga memicu reaksi alergi. Cobalah untuk membersihkan rumah dengan produk pembersih yang bebas pewangi atau aerosol.

Lebih baik lagi jika mau meluangkan waktu untuk membuat produk pembersih dari bahan alami. Selain cuka dan baking soda, lerak maupun kulit jeruk pun bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda-noda di rumah tanpa mengancam kesehatan penghuni di dalamnya.


Setiap orang dapat dapat membuat perubahan ke arah yang lebih baik dalam menjaga kesehatan udara yang dihirup. Let’s make a change!