0 %

Fri, 1 Mar 2019
Bukan Hanya di Rumah, Go Green Pun Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

Kampanye go green memang tengah digalakkan di mana-mana. Selain menyasar tempat publik dan rumah, tempat kerja pun bisa diubah menjadi lebih eco-friendly. Bukan hanya ikut menjaga kelestarian lingkungan saja, tampat kerja pun jadi lebih sehat sehingga dapat menunjang produktivitas. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menjadikan ruang kerjamu lebih “hijau.


1. Mendaur Ulang

Mendaur ulang bukan hanya dapat dilakukan di rumah saja. Ruang kerjamu bisa jadi penuh oleh barang-barang yang lebih baik menjalani proses recycle ketimbang memenuhi tempat sampah.

Mulailah dengan sistem yang menurutmu cukup nyaman, misalnya dengan memilah antara sampah kertas, kardus, kaleng, botol plastik, hingga ink cartridges printer. Selain menyalurkannya ke tempat-tempat daur ulang, manfaatkan kembali barang-barang bekas seperti wadah untuk menyimpan alat tulis, mencetak dokumen di kedua sisi kertas atau tempat plastik yang diubah jadi pot tanaman mungil.


2. Upgrade ke LED

Ganti semua lampu neon dengan lampu hemat energi seperti LED. Lampu ini hanya menggunakan 80 persen energi lebih sedikit daripada lampu pijat biasa dan membuang 5 persen energi panas.

Selain lebih irit, LED terkenal lebih tahan lama dan memiliki distribusi cahaya yang lebih tinggi, sehingga hanya perlu sedikit lampu untuk menerangi ruang kerjamu. Tentu saja, jangan lupa juga untuk mematikan lampu jika tidak diperlukan untuk mengurangi tagihan listrik sekaligus menghemat energi.


3. Hias Meja Kerja dengan Tanaman

Membawa tanaman hijau ke ruang kerja terbukti memberikan efek positif bagi produktivitas kerja. Mulai dari mengurangi lelah pada mata saat terus menatap layar komputer, meningkatkan kreativitas, hingga memberikan rasa sejuk.

Gunakan tanaman mungil sebagai filter alami di ruang kerja, yang akan membantu menghilangkan polutan di sekitarmu dan mendinginkan udara. Menurut situs Thriveglobal, tanaman dalam ruangan bahkan dapat membantu menghilangkan 10 persen kandungan karbondioksida yang ada di dalam ruangan.


4. Bawa Mug atau Botol Minum

Menenteng air minum dalam kemasan atau segelas kopi kekinian memang cukup praktis untuk menjaga kesegaran tubuh. Tapi melakukannya setiap hari kerja dapat membuat pengeluaranmu jauh lebih besar dan menghasilkan tumpukan sampah plastik.

Bawa serta mug atau botol minum yang dapat diisi ulang setiap kali membutuhkannya. Ada berbagai model maupun warna yang bisa dipilih untuk menghiasi meja kerja dan membuat kerja makin bersemangat.


5. Aktifkan Fitur Power-Saving

Mengoptimalkan pengaturan energi yang ada pada komputer dan perangkat elektronik lainnya akan menjadi penghemat energi yang hebat. Faktanya, 75persen listrik yang dikonsumsi digunakan untuk menjaga perangkat elektornik terus berjalan walau tidak digunakan, alias posisi standby. Dengan mengaktifkan fitur power-saving dan sepenuhnya mematikan peralatan elektronik yang tidak dioperasikan, kamu dapat mengurangi emisi karbondioksida dan tentunya menghemat daya listrik.


Ada banyak pilihan untuk menjadikan ruang kerjamu lebih “hijau”. Yuk, lakukan perubahan baik untuk tempat kerja yang lebih sehat dan tentunya eco-friendly.