0 %

Tue, 20 Nov 2018
Cara Cepat dan Efektif Redakan Batuk dan Gejala Flu

Menghadapi pergantian musim, kita selalu melakukan yang terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tapi nasib buruk terkadang menghampirimu dengan gejala-gejala tenggorokan mulai gatal, rongga hidung mulai tersumbat dan gatal, hingga sakit berdenyut-denyut di bagian pelipis.

Jangan biarkan batuk dan gejala flu menyiksamu terlalu lama, segera lakukan beberapa kiat yang disarankan oleh para ahli agar kamu lebih nyaman.

1. Membuang Lendir dengan Tepat

Sangat penting untuk membersihkan lendir dari hidung secara teratur. Tapi ketika membuang lendir dari hidung terlalu keras, tekanannya dapat membawa lendir yang berkuman kembali ke saluran telingamu dan menyebabkan sakit telinga. Cara terbaik untuk membersihkan hidung dari lendir adalah gunakan tisu atau saputangan, lalu satu jari menekan satu lubang hidung saat menghembuskan nafas dengan tekanan lembut dan lakukan secara bergantian.

2. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Percaya atau tidak, gejala-gejala menyebalkan yang sedang kamu alami ini merupakan bagian dari proses penyembuhan alami yang membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berjuang melawan penyakit. Situs Webmd menyebutkan bahwa demam adalah respon tubuh untuk mencoba membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas daripada normal. Selain itu, lingkungan panas juga membuat protein pembunuh kuman di dalam darah bersirkulasi lebih cepat dan efektif. Jadi, jika mengalami demam sedang selama satu atau dua hari, kamu sebenarnya bisa sembuh lebih cepat. Jaga tubuhmu tetap hangat untuk membantu melawan infeksi.