0 %

Sat, 20 Oct 2018
Cara Efektif Terima Kritik untuk Jadi Sosok yang Lebih Baik

Terkadang untuk mencapai kesuksesan, kamu perlu mendapatkan feedback berupa kritikan terhadap cara kerjamu selama ini. Tapi nggak sedikit yang kesulitan menerimanya karena menganggap opini yang diberikan orang lain menjatuhkan harga diri maupun kepercayaan dirinya. Padahal jika diterima dengan pikiran terbuka dan sikap yang lebih positif seperti berikut ini, kritikan-kritikan ini akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik.

1. Mendengarkan dengan Aktif

Komunikasi yang baik dan efektif bukan hanya soal menyampaikann pendapat tapi juga mendengarkan dengan efektif. Nggak banyak, lho yang punya kemampuan ini, tapi masih bisa diasah dengan mendorong orang-orang untuk memberikan feedback.

Siapkan diri dengan menjaga emosi tetap tenang, bahasa tubuh yang terjaga dan open-minded. Di sini,  kamu akan belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri, bagaimana orang lain menilaimu dari tindakan maupun perilaku.

2. Hormati Pendapat Orang Lain

Apa pun pendapat yang diberikan padamu, hargai opini jujur dari orang lain. Namun, kamu harus waspada pada bahasa tubuh, ekspresi wajah dan nada suara. Pertahankan kontak mata dan berhati-hatilah agar tidak bersikap defensif, bahkan sekadar tidak menyilangkan lengan.

Jika tidak setuju, marah, atau tersinggung dengan kritikan yang diberikan, beri waktu untuk menenangkan diri sendiri sebelum merespons. Hati-hati dalam memilih kata-kata dan ingatkan diri sendiri jika feedback tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil kerja. Pikirkan bagaimana kamu bisa mengubah kritikan tersebut untuk memperbaiki perilaku, sikap atau kondisi yang yang kurang baik.

3. Ajukan Pertanyaan

Terkadang, nggak semua pendapat dari orang lain disampaikan dengan baik dan membuatmu merasa bingung. Minta klarifikasi dengan mengajukan pertanyaan dengan nada suara yang tetap tenang dan pilih kata-katamu dengan baik. Jika perlu, minta contoh yang akan membantumu memahami feedback yang diberikan.

4. Tunjukkan Apresiasi

Selama bekerja, kamu nggak akan bisa lepas dari yang namanya kritikan, baik yang positif maupun negatif. Ungkapkan penghargaanmu terlepas dari apa pun kritikan yang diterima. 

Awali dengan memberikan ucapan terima kasih, sebagai tanda kamu menghargai waktu dan perhatian yang diberikan orang lain untuk membantumu mengevaluasi diri sendiri. Begitu juga saat menerima opini yang menjatuhkan, jangan menganggapnya sebagai serangan untuk pribadimu tapi jadikan sebagai motivasi untuk meraih sukses.

5. Buat Keputusan untuk Menerimanya atau Tidak

Renungkan kritikan yang diberikan padamu dengan mempertimbangkan segala sisi. Gunakan untuk membuat keputusan yang akan menjadi langkahmu selanjutnya. Jika kamu menganggap kritikan yang diberikan dapat memberikan motivasi atau mampu meningkatkan produktivitas kerja, terima dan manfaatkan dengan baik. Tapi jika pendapat yang diberikan orang lain dianggap malah menyerang pribadimu, dan bukan kinerjamu, abaikan para haters yang iri melihat keberhasilanmu.

Saat menerima kritikan, ingatkan pada diri sendiri untuk fokus pada manfaat dan bukan pada hal-hal negatif, sehingga dapat membantumu meraih hasil yang lebih baik.