0 %

Fri, 1 Mar 2019
Cara Murah dan Sederhana untuk Kembangkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Gaung untuk go green dan viralnya berita-berita yang menangkap kondisi lingkungan yang memprihatinkan membuatmu tergerak untuk memperlakukan bumi dengan sedikit lebih baik. Tapi tak sedikit yang berhenti di tengah jalan atau bahkan ragu untuk memulainya karena harus berhadapan dengan cara yang rumit dan mahal.

Padahal berkontribusi bagi kesehatan lingkungan tidak harus ribet dan menghabiskan lebih banyak uang dengan cara-cara murah dan sederhana berikut ini.


1. Memanfaatkan Transportasi Umum

Penggunaan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor yang jumlahnya terus meningkat berdampak pada naiknya kadar emisi gas rumah kaca. Jika dibiarkan, pemanasan global dapat mengancam keberlangsungan hidup semua makhluk di bumi. Mulailah dengan mengubah gaya hidup dengan memilih menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau bahkan berjalan kaki untuk mencapai tujuan yang cukup dekat.


2. Gunakan Wadah yang Dapat Digunakan Kembali

Membawa bekal makan siang ke sekolah atau kantor, maupun membeli makanan dan minuman tak bisa lepas dari wadah berbahan plastik atau kertas. Walau praktis dan murah, nyatanya wadah-wadah ini hanya sekali pakai sehingga menambah tumpukan sampah.

Hal ini bisa diatasi dengan membawa sendiri wadah yang dapat digunakan berulang-ulang. Mulai dari membawa tempat makan sendiri, botol minum berisi air minum, tumbler atau termos untuk membawa kopi favoritmu, hingga membawa wadah sendiri saat berbelanja bahan makanan. Sedikit ribet, tapi upayamu untuk mengurangi sampah tidak akan sia-sia.


3. Pakai Lebih Sedikit Air dan Listrik

Makin banyak daerah yang kekurangan air, terutama di musim kemarau. Bagi kita yang merasa jumlah airnya cukup melimpah jangan senang dulu. Ancaman kekeringan hingga pencemaran air masih membayangi. Yuk, hemat dalam menggunakan air misalnya mandi dengan pancuran, cuci pakaian dalam jumlah besar sekaligus, dan hindari menggunakan air panas kecuali benar-benar diperlukan.

Selain air, listrik pun wajib dihemat. Bukan hanya mengurangi tagihan listrik, tapi cara sederhana ini juga dapat memangkas penggunaan BBM untuk menghasilkan arus listrik. Ingatkan diri sendiri untuk mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan, seperti charger ponsel, komputer, atau TV.


4. Daur Ulang Barang Bekas

Barang-barang yang sudah tak terpakai memang menimbulkan dilema tersendiri. Jika dibiarkan menumpuk tentunya akan membuat ruang dalam rumah terasa makin sempit, tapi apabila dibuang akan menambah tumpukan sampah. Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin dilakukan untuk mendaur ulang barang bekas.

Ubah pakaian yang robek menjadi isi bantal hingga gunakan botol atau wadah bekas sebagai pot tanaman. Kemungkinannya tak terbatas hanya dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah dan tentunya kreativitasmu.


Ada banyak cara untuk mengembangkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, asal mau berkomitmen dan konsisten melakukannya.