0 %

Thu, 14 Mar 2019
Cara Tepat Kembangkan Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas selama ini banyak dikaitkan dengan bidang seni, padahal kemampuan untuk menghasilkan konsep dan ide baru yang bernilai ini juga diperlukan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari mendekorasi rumah hingga menyelesaikan pekerjaan di kantor. Beberapa orang sepertinya lebih kreatif dibanding yang lainnya.

Untungnya, kreativitas tidak bergantung pada bakat saja dan dapat dikembangkan lewat cara-cara tepat berikut ini.

1. Dikelilingi Orang-Orang yang Tepat

Ikuti komunitas-komunitas yang memungkinkanmu untuk bertemu dan bergaul dengan orang-orang kreatif sebagai cara untuk mengembangkan kreativitas. Ada baiknya berteman dengan banyak orang dari berbagai latar belakang untuk memperluas pikiran. Manfaatkan waktumu dengan sebaik-baiknya bersama mereka yang memiliki cara pikir dan pandang yang positif sehingga dapat membantumu mendapatkan inspirasi baru.

2. Banyak Membaca

Buku adalah jendela dunia. Membaca telah terbukti mampu meningkatkan kinerja otak sehingga memberimu kesempatan untuk mendapatkan informasi, wawasan, hingga inspirasi untuk berkarya. Biasakan untuk membaca buku minimal seminggu sekali agar kreativitas dapat tumbuh dengan lebih mudah. Ada berbagai genre buku yang bisa dipilih, salah satunya novel atau misteri yang melatih otak untuk memecahkan masalah yang ada.

3. Cari Tempat Tenang untuk Menemukan Inspirasi

Pernah merasa berada di bawah tekanan saat mengerjakan hal penting dan kreativitasmu seakan menghilang tak berjejak? Kebanyakan orang pernah bahkan sering mengalaminya hingga berujung pada panik dan tak bisa menyelesaikan masalah tersebut. Coba cari tempat yang tenang dan sisihkan semua gangguan, baik dalam bentuk telepon, email yang masuk, hingga makanan ringan yang menggoda di depanmu.

Gunakan waktu 20 hingga 25 menit untuk memikirkan tentang apa yang harus dilakukan. Justru dengan tidak melakukan apa pun, kamu akan mengisi ulang energi kreatif dan jadikan semua yang dilihat maupun didengar sebagai cara untuk mengembangkan kreativitas dalam dirimu.

4. Berjalan kaki Minimal 30 Menit Per Hari

Ada banyak penelitian yang membuktikan jika kreativitas akan meningkat secara signifikan saat berjalan kaki, dibandingkan mereka yang hanya duduk-duduk saja. Jika sedang merasa buntu saat sedang mengerjakan sesuatu, luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari. Ketika kembali ke kantor atau rumah, energi kreatif sudah meningkat dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk menyisipkan waktu sejenak untuk melakukan meditasi. Terkadang, ide-ide terbaik berasal dari pikiran yang tenang dalam keadaan diam. Cari tempat yang tenang dan setel musik yang menenangkan, lalu pejamkan mata untuk mencari ide-ide baru.

Memiliki kreativitas tanpa batas sangat penting, terutama dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Tapi hal tersebut akan sulit terwujud jika gejala flu dan batuk seperti sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga demam mulai menghampiri. Segera minum OBH Combi yang dikemas dalam botol anti pecah sehingga dapat disimpan di kantor atau rumah, bahkan praktis dibawa ke mana saja.