0 %

Thu, 16 May 2019
Cegah Gangguan Kesehatan Pernafasan Saat Mudik dengan 5 Langkah Mudah

Membicarakan bulan Ramadan tentunya tak bisa lepas dari kegiatan mudik yang seakan sudah jadi agenda wajib masyarakat Indonesia. Keinginan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman bahkan membuat kebanyakan orang rela menempuh perjalanan panjang.

Sayangnya, kondisi jalan yang penuh polusi dan kondisi tubuh yang sedang kurang fit bisa bikin kesehatan pernafasanmu rentan mengalami gangguan. Yuk, cegah dengan 5 langkah mudah ini.


1. Perhatikan Asupan Makanan

Bukan hanya tiket transportasi atau oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman saja yang harus dipersiapkan, tapi juga kondisi tubuh. Pastikan untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang saat sahur maupun berbuka puasa. Bukan hanya makanan yang tinggi nutrisi saja, tapi juga biasakan meminum cukup air putih yang dapat mencegah tubuh terasa lemas dan mempertahankan kebugaran tubuh saat nanti tiba waktunya untuk mudik.


2. Konsumsi Vitamin

Walau sudah memiliki pola makan yang sehat, tidak ada salahnya meminum suplemen multivitamin yan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan saluran pernafasan yang bisa saja menurun di tengah perjalanan mudik.


3. Istirahat Cukup

Sempat mengalami perubahan pola tidur saat harus bangun lebih awal untuk sahur, jangan sampai kekurangan tidur memicu gangguan kesehatan. Sebisa mungkin miliki jam tidur minimal 7 jam setiap harinya. Begitu juga saat sedang dalam perjalanan mudik, sempatkan diri untuk beristirahat terutama bagi yang mengemudikan sendiri kendaraannya. Terlalu capek bukan hanya membuat konsentrasi menurun tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.


4. Gunakan Masker

Menggunakan jalur darat untuk mudik masih jadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun kamu harus siap dengan kondisi yang nantinya harus dialami pemudik, seperti debu dan polusi udara.

Tanpa kondisi tubuh yang fit dan persiapan maksimal, infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA rentan menjangkiti orang-orang yang berjibaku langsung dengan polusi udara. Cegah dengan menggunakan masker untuk menghalangi terhirupnya debu dan asap serta banyak beristirahat untuk menjaga daya tahan tubuh selama mudik.


5. Luangkan Waktu untuk Olahraga Ringan

Selain memiliki pola makan yang sehat dan cukup beristirahat, luangkan waktu untuk melakukan olahraga. Puasa tidak seharusnya jadi halangan, pilih aktivitas fisik yang ringan dan temukan waktu terbaik untuk berolahraga, misalnya jelang berbuka. Selain mencegah tubuh terasa lemas, kebiasaan baik ini juga membantu menjaga tubuh tetap sehat dan fit.


Siap mudik tanpa gangguan kesehatan yang menyerang sistem pernafasan? Lakukan tips di atas agar tetap sehat dan selamat hingga tiba di tempat tujuan.