0 %

Mon, 15 Apr 2019
Cegah Sebelum Terlambat! Kenali Emosi Negatif di Tempat Kerja

Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar hidupnya di tempat kerja untuk membangun karir. Di situasi yang penuh tekanan, mulai dari persaingan kerja, ancaman PHK, hingga kegagalan untuk memenuhi deadline mungkin akan membuatmu kesulitan mengelola emosi, terutama yang negatif sehingga dapat membawa dampak yang lebih buruk.

Sebagai langkah awal untuk mengendalikan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif, kenali beberapa emosi negatif yang mengintai tempat kerjamu seperti berikut ini.


1. Frustasi

Frustasi bisa terjadi ketika merasa terjebak atau sulit bergerak maju. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kolega yang sulit diajak kerjasama, atasan yang tak bisa ditebak keinginannya, atau sekadar menunggu pemberitahuan dari klien yang cukup lama. Apa pun alasannya, penting untuk menangani rasa frustasi dengan cepat karena dapat berubah menjadi emosi yang lebih negatif seperti kemarahan.

Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi frustasi adalah tanyakan pada diri sendiri apa yang menjadi penyebabnya. Temukan sesuatu yang positif untuk membantumu melihat sesuatu dengan cara yang berbeda. Jangan simpan perasaan ini terlalu lama dan putuskan untuk terus maju.


2. Kekhawatiran

Rasa khawatir yang timbul saat menghadapi proyek atau meeting penting memicumu untuk melakukan persiapan yang lebih baik. Tapi jika kekhawatiran tersebut sudah keluar dari kendalimu, maka dapat berdampak buruk buat produktivitas kerjamu.

Sebisa mungkin atasi dengan keluar dari lingkungan yang membuatmu cemas, misalnya menjauh dari obrolan dengan rekan kerja yang sedang membicarakan soal PHK. Selain itu, coba lakukan teknik relaksasi sederhana seperti latihan pernafasan dalam yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja.


3. Kekecewaan

Berurusan dengan kekecewaan di tempat kerja bisa jadi sulit. Dari semua emosi yang mungkin dirasakan di tempat kerja, rasa kecewa paling mungkin memengaruhi produktivitasmu. Jika baru saja mengalami kekecewaan besar, energimu mungkin akan menurun tajam dan merasa takut untuk mengambil risiko lain, dan semua itu akan menghambat pencapaianmu.

Luangkan waktu sejenak untuk menyadari bahwa segala sesuatunya tidak akan selalu sesuai dengan keinginanmu. pertahankan tujuanmu, tapi buat perubahan kecil misalnya menetapkan target yang lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dijangkau.


4. Cemburu

Sangat umum untuk iri dengan prestasi maupun penghargaan yang diberikan pada rekan kerja, seperti kenaikan gaji atau promosi jabatan. Biasanya hal ini dipicu oleh perasaan tidak adil yang kemudian memicu reaksi emosional negatif, termasuk iri.


Kunci dalam menghadapi emosi negatif ini adalah dengan menganalisis situasi dan tidak selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jadikan hal ini sebagai pemicu untuk bekerja lebih keras, sehingga mampu mendapatkan imbalan yang sama.

Mau tidak mau kita harus berurusan dengan emosi negatif di tempat kerja dan belajar bagaimana mengatasinya. Ketahui jenis perasaan yang paling sering dihadapi dan apa penyebabnya, agar dapat mengubahnya menjadi hal yang positif dan mendukung pekerjaanmu.