0 %

Fri, 29 Mar 2019
Fokus Tingkatkan Kreativitasmu dengan Membatasi Penggunaan Media Sosial

Pekerjaan yang menuntut kreativitas memang cukup menantang, apalagi dengan banyaknya gangguan yang dapat menyedot waktu. Saat berada di depan komputer, bukannya menggunakan waktu untuk menyelesaikan tugas, tapi malah keasyikan scrolling akun media sosial.

Internet, khususnya media sosial telah jadi sumber yang luar biasa untuk mencari ide dan inspirasi. Tapi jangan sampai membiarkan kreativitasmu menghilang gara-gara terlalu tenggelam dalam media sosial dengan melakukan tindakan-tindakan penting ini.


1. Memiliki Waktu Tertentu untuk Menggunakan Medsos

Apakah kamu termasuk orang yang mengecek akun media sosial sesaat setelah bangun pagi? Kegiatan yang dilakukan sebelum benar-benar terbangun dari tempat tidur ini bisa jadi hal yang kurang baik untuk memulai hari. Bukan hanya membuang waktumu untuk bersiap menyambut hari baru, hal ini juga berisiko membuat suasana hati jadi emosional.

Jangan hanya menjadwalkan rapat, istirahat makan siang, dan semua hal lain yang dilakukan di hari kerja, tapi juga batasi berapa kali untuk menggunakan medsos. Lakukan cara ini agar dapat berkonsentrasi pada pekerjaan atau kegiatan lain seperti membaca buku atau makan siang dengan teman-teman.


2. Unfriend atau Unfollow Akun Negatif

Terkadang, yang perlu dilakukan adalah melepaskan hal-hal negatif. Jika postingan tertentu menyebabkan suasana hati dan emosimu jadi berantakan, hapus buat keputusan untuk unfriend atau unfollow akun tersebut.

Jangan merasa bersalah, lakukan saja dan percaya saja jika hal tersebut akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Apabila sesekali ingin melihat apa yang sedang dilakukan orang lain, kunjungi saja situs web atau baca blognya, ketimbang tak henti scrolling foto atau unggahan mereka.


3. Matikan Notifikasi

Pemberitahuan dari media sosial yang terus membuat ponselmu berbunyi dapat menjadi sumber gangguan yang potensial menghambat pekerjaanmu. Tetap berkomitmen pada jadwal yang sudah dibuat untuk mengalokasikan waktu tertentu yang dapat digunakan untuk melihat media sosial. Setelah pekerjaan selesai, baru telusuri satu per satu notifikasi untuk memeriksa mana yang penting atau yang dapat ditunda.


4. Lakukan Hal Lain di Luar Dunia Online Setiap Hari

Kamu bisa mendapatkan ide terbaik saat berjalan-jalan di sekeliling kompleks, melakukan meditasi, atau saat bertemu dengan teman. Selalu ada ide yang muncul atau terlintas saat melakukan hal lain di luar dunia media sosial.

Hal ini dipicu oleh pikiran yang jernih tanpa pandangan negatif atau negative thinking yang seringkali dialami saat asyik memeriksa akun media sosial. Cari kegiatan yang disukai, terutama yang dapat menghilangkan stres dan menjamin pikiran tetap jernih.


Coba luangkan waktu untuk mengembangkan kreativitas, tanpa harus dijejali hal-hal yang bersifat merugikan dari kegemaranmu menggunakan media sosial.