Tue, 10 Apr 2018
Gagal bukan Akhir Segalanya, Balikin Pede dengan Tips Ini

Siapa pun tidak ingin usahanya selama ini berakhir dengan kegagalan, baik dalam hal hubungan, pekerjaan, atau saat membangun usaha sendiri. Selain dapat memicu stres, gagal juga artinya harus memulai segalanya dari awal lagi.

Sayangnya, kegagalan sulit dihindari dan tetap harus dihadapi. Tidak mudah memang, tapi kita bisa gunakan kesempatan kedua untuk bangkit dan belajar dari kesalahan untuk mendapatkan kesuksesan yang tertunda. Yuk, balikin kepercayaan pada diri sendiri dengan beberapa tips berikut ini.

1. Menenangkan Diri Dulu

Gagal memenangkan tender, gagal melamar pekerjaan, atau gagal dalam membangun usaha bisa membuatmu merasa down. It's okay. Jangan berusaha untuk mengalihkan perhatianmu pada hal-hal lain, menutupinya dengan senyuman, atau malah menyalahkan pihak-pihak lain.

Cobalah untuk menerima kegagalanmu dan ikhlaskan. Cara ini tidak hanya dapat membantumu melupakannya dengan lebih cepat tapi juga mencegah rasa jenuh dan kembali fresh di kemudian hari.

Stres yang melemahkan respons sistem imun ini juga rentan membuatmu mudah terserang batuk dan flu, karena sistem imun tidak bekerja maksimal. Cobalah menenangkan diri, cukup istirahat, olahraga, dan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Jangan biarkan perjuanganmu untuk move on terganjal oleh flu atau batuk yang menyiksa. Jika kondisi badan terkena flu dan batuk menyerang, segera berikan OBH Combi Batuk Plus Flu yang memiliki beberapa macam rasa seperti jahe, madu, dan menthol. Tak hanya meredakan batuk, tapi juga gejala-gejala flu seperti seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Dengan kemasan botol anti pecah, OBH Combi aman dibawa ke mana saja.

2. Belajar dari Kesalahan

Hal terbaik yang bisa dilakukan setiap kali mengalami kegagalan adalah belajar dari kesalahan. Jangan biarkan itu menjadi alasan untuk menyerah, dan jadikan motivasi untuk mencoba sekali lagi, tapi tanpa melakukan kesalahan yang sama.

Jika merasa kesalahan yang dibuat menjadi sumber dari kegagalan, kamu punya kesempatan kedua untuk melihat kembali strategi, metode, dan kekeliruan agar tidak lagi menghalangimu dari keberhasilan.

3. Positive Thinking

Bagaimana bisa berpikir positif saat kita gagal? Coba untuk tak melihat hal buruk dari kegagalanmu tapi lihatlah dari sudut pandang lain, karena gagal dalam suatu hal bukan berarti gagal dalam hal lain. Selalu ingat, setiap hal yang terjadi di dunia ini selalu membawa dampak baik dan dampak buruk. Siapa tahu dengan kegagalan dalam hal ini kamu akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik di kemudian hari.

Memiliki pola pikir yang positif akan membuatmu move on lebih cepat, tanpa kehilangan motivasi. Ingat, positive thinking akan memberikan hasil yang positif, dan begitu juga sebaliknya.

4. Mengubah Perspektif

Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Anggap saja sebagai latihan dan setiap sandungan adalah kesempatan untuk mencoba terus hingga melakukannya dengan benar. Ubah cara pandangmu tentang kegagalan dan ganti perspektif negatif menjadi positif.

Yakinkan diri dan berkata "Jika gagal, aku selangkah lebih dekat dengan keberhasilan dan lebih berwawasan. Aku ditakdirkan untuk sukses." Tentu, semua orang bisa sukses, asal mau berusaha lebih keras.  

Yuk, mulai berdamai dengan kegagalan dan terus melangkah maju.