0 %

Thu, 16 May 2019
Ini Lho Manfaat Puasa untuk Kesehatan Saluran Pernafasan

Semangat untuk berpuasa mulai terasa kendor? Jangan dibiarkan, apalagi hari kemenangan sudah ada di depan mata. Ingatkan kembali jika puasa bukan hanya dilakukan untuk tujuan beribadah, tapi juga membantumu menjaga kesehatan tubuh.

Selain punya manfaat baik untuk saluran pencernaan, puasa juga memiliki efek positif buat sistem pernafasanmu. Seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini!


1. Meningkatnya Volume Paru-Paru

Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), puasa dapat memperbaiki volume paru-paru. Salah satu pemicunya diyakini berasal dari perbaikan berat badan sehingga membuat pernafasan lebih lega dan lancar. Namun, ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa tidak ada perubahan bermakna pada kasus gangguan pernafasan, seperti asma yang terjadi saat berpuasa.


2. Waktu Terbaik untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Bulan Ramadan merupakan waktu terbaik untuk menghentikan kebiasaan merokok. Saat berpuasa, mau tidak mau tubuh dilatih untuk berhenti merokok sejak subuh hingga maghrib. Hasilnya tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan paru-paru. Akan lebih baik lagi jika kebiasaan ini tidak hanya berhenti saat berpuasa, tapi juga malam hari dan sesudah Lebaran, dengan melakukan kegiatan yang mampu mengalihkan keinginanmu untuk merokok.


3. Lebih Bebas Stres

Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama yang juga menjadi Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, banyak penelitian yang menunjukkan jika berpuasa dapat memberi rasa damai dan tenang. Di bulan puasa ini, kita memang diharapkan mampu menjaga emosi agar tidak sampai membatalkan puasa tersebut. Rupanya, usaha untuk menghilangkan amarah dan menjaga hawa nafsu ternyata memiliki pengaruh baik buat kesehatan paru-paru dan pernafasan.


4. Turunnya Risiko TBC

Jika selama ini puasa sering dikaitkan dengan rentannya kekebalan tubuh akibat terbatasnya asupan makanan dan minuman, penelitian justru menunjukkan puasa mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit tuberculosis atau TBC. Hal ini disebabkan peran makrofag dan sel mononuclear darah yang dapat menghambat bakteri tuberkulosis, sehingga mengurangi risiko terinfeksi penyakit TBC.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh, saat menjalani puasa di bulan Ramadan ini, salah satunya sistem pernafasan. Tapi jika sudah terlanjur mengalami batuk dan gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, serta sakit kepala, puasamu pun jadi terganggu.


Jangan anggap enteng, segera konsumsi OBH Combi Batuk Plus Flu yang mampu meredakan batuk dan gejala flu. Makin praktis karena formulanya dikemas dalam botol anti pecah yang dapat dibawa ke mana saja.

Siapa sangka jika puasa punya manfaat baik untuk kesehatan sistem pernafasanmu? Yuk, jalani bulan Ramadan dengan tubuh lebih sehat untuk sambut hari kemenangan.