0 %

Mon, 15 Apr 2019
Jangan Sia-Siakan Masa Muda, Maksimalkan Potensi Diri dengan 5 Cara Ini

Transisi dari masa kanak-kanak ke pribadi yang lebih dewasa seringkali menyisakan kebingungan. Tak sedikit yang berakhir membuang waktu dengan berfoya-foya. Padahal di rentang hidup tersebut, kamu masih memiliki tenaga yang cukup kuat, kreativitas, dan lingkup pergaulan yang masih berkembang, sehingga menjadi modal penting dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki.

So, jangan sia-siakan masa mudamu dengan memanfaatkannya lewat 5 cara berikut ini.


1. Temukan Passion dalam Diri

Usahamu untuk menggali potensi diri tidak mudah. Terkadang, muncul kebingungan untuk menemukan kemampuanmu yang sesungguhnya. Ada baiknya mengawali langkahmu dengan mengenali diri sendiri, terutama kelebihan dan kekurangan yang dimiliki agar dapat memahami potensi dalam diri.

Cari tahu juga apa yang selama ini menjadi minatmu. Maksimalkan dengan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki untuk membentuk identitas diri. Jika merasa nyaman dalam melakukan sesuatu, kamu dapat menentukan mana potensi dirimu yang terbaik.


2. Kembangkan Minat yang Disukai

Usia yang masih muda membuka kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai minat dan passion. Bukan hanya terpaku pada satu bidang saja, kreativitas yang dimiliki pun dapat memudahkanmu untuk menemukan minat yang disukainya dan mengembangkannya. Jika mulai merasa nyaman dengan aktivitas pilihanmu, tidak ada salahnya memaksimalkan pengembangannya, misalnya dengan mengikuti komunitas tertentu, mengikuti kursus, hingga memanfaatkan teknologi yang ada.


3. Konsultasikan dengan Orang Terdekat

Bingung menentukan passion atau minatmu yang sesungguhnya? Tidak ada salahnya mengajukan pertanyaan pada orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, maupun pasangan yang mengenal siapa dirimu.

Buat daftar pertanyaan yang berisi kebiasaan baik maupun buruk, hingga kelebihan yang dimiliki. Selain dapat memberikan jawaban yang dapat membantumu mencari potensi dalam diri, kamu juga akan mendapatkan feedback yang positif.


4. Pelajari Hal Baru

Pelajari hal-hal baru dengan menempatkan dirimu dalam situasi yang kurang nyaman. Walau dihantui oleh stres, tapi kemampuanmu dalam menemukan jawaban akan terus berkembang dalam kegelisahanmu. Misalnya mencoba berbagai metode untuk belajar sebelum menemukan jika setiap orang memiliki kemampuan dan cara yang berbeda untuk mendapatkan hasil terbaik. Tantang diri sendiri untuk terus mempelajari hal baru, mulai dari bahasa, kemampuan di bidang digital, bahkan hobi yang dilakukan di akhir pekan.


5. Miliki Tujuan

Untuk menemukan potensimu, mulai dengan menetapkan tujuan kecil. Nantinya, kamu punya kesempatan untuk menemukan keterampilan dan kemampuan baru yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Latih diri untuk memiliki keberanian untuk melakukan lebih banyak lagi dalam menaklukkan tujuan yang lebih besar.


Gunakan cara-cara ini untuk mencapai potensi penuh dan pada akhirnya semua bermuara pada keyakinan jika tidak ada yang dapat menghentikanmu dalam menggali potensi kecuali diri sendiri.