0 %

Mon, 15 Apr 2019
Karir Jalan di Tempat? Ubah dengan Maksimalkan Potensi Dirimu

Dalam berkarir, siapa pun ingin memiliki jenjang yang terus meningkat, baik dalam posisi maupun jabatan maupun gaji dan peluang kerja yang didapat. Memang tidak mudah karena butuh proses yang panjang dan tak jarang melelahkan.

Tapi berkat potensi yang dimiliki dan dikembangkan dengan maksimal, kamu bisa meraih kesuksesan yang diinginkan. Yuk, lakukan perubahan kecil dalam mengejar karir seperti berikut ini.


1. Luangkan Waktu Setiap Hari untuk Membaca

Terdengar sepele, membaca dapat menambah wawasan dan bisa membuka mata dengan cara yang tak terduga. Tapi jangan sampai salah memilih buku, pilih yang berkualitas sehingga dapat memberikan ide-ide yang laur biasa. Tidak harus memilih genre yang disukai, perluas pengetahuan dengan membaca berbagai buku. Siapa tahu biasa jadi sesuatu yang lebih aplikatif dan dapat digunakan untuk mengembangkan karirmu.


2. Ikut Pelatihan dan Seminar

Tidak sedikit orang yang merasa malas saat diminta untuk mengikuti pelatihan atau seminar. Padahal cara ini dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi dalam diri dan menambah banyak wawasan baru sesuai minat.

Misalnya ingin memperluas pengetahuan di bidang bisnis, ikuti saja seminar atau pelatihan tentang bagaimana meningkatkan omzet penjualan atau melakukan marketing yang tepat di dunia digital. Selain mengikuti pelatihan secara fisik, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai e-training yang digelar secara online, sehingga lebih fleksibel untuk diikuti.


3. Bangun Networking Seluasnya

Untuk memaksimalkan potensi yang akan membantu karirmu, kamu membutuhkan jaringan seluas-luasnya. Jangan ragu apalagi sungkan untuk belajar dari kesuksesan orang lain dengan menjalin pertemanan dengan orang-orang yang telah sukses di bidangnya. Selain bisa mendapatkan feedback yang membangun, manfaatkan hubungan baik ini untuk bertukar pikiran dan mendapatkan inspirasi baru dalam mengembangkan potensi maupun karirmu.


4. Buat Agenda Rutin

Salah satu kebiasaan orang yang sukses di bidangnya adalah rutin membuat agenda yang merangkum kegiatan sehari-hari. Selain membantu untuk mengatur waktu agar tak terbuang sia-sia, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk menuliskan ide yang dimiliki.

Baik menulis dengan tangan atau mencatatnya di gadgetmu, tuliskan kegiatanmu hari itu dan apa saja yang sudah dicapai. Secara perlahan, hal ini akan membangun disiplin dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.



5. Jangan Takut Gagal

Banyak yang memilih mengurung diri dalam zona nyaman karena takut gagal. Apalagi di tengah persaingan kerja yang sangat ketat, kegagalan bisa jadi hal yang sangat menakutkan. Lihat semua hal dalam segi positif, misalnya kesalahan dalam membuat keputusan akan memberikan pelajaran yang berharga di masa depan. Identifikasi kesalahanmu dan temukan solusi terbaik agar tak mengulang kesalahan yang sama.


Selain lima hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi dalam diri, penting untuk merasa yakin pada kemampuanmu dan berusaha semaksimal mungkin. Selamat mencoba!