0 %

Tue, 20 Nov 2018
Kebiasaan Baik yang Lindungi Tubuh dari Serangan Batuk dan Flu

Mungkin kamu punya tenggat waktu yang penting di tempat kerja atau liburan impian yang sudah direncanakan sejak lama. Tak peduli apa yang ada di kalendermu, satu hal yang jelas, jangan biarkan batuk dan gejala flu mengganggu atau menghambatmu. Daripada hanya duduk diam, kamu bisa melindungi kesehatan tubuh dari serangan batuk dan gejala flu dengan beberapa kebiasaan baik berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Ponsel

Apapun musimnya, kebiasaan menjaga kebersihan diri sendiri itu wajib dimiliki. Jika benar-benar ingin menghindari pilek, cuci tangan sesering mungkin dan jauhkan tangan dari wajah, terutama mata, mulut dan hidung. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan permukaan ponsel dengan menggunakan tisu antiseptik untuk mengurangi kuman yang menempel.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran segar mengandung vitamin, mineral dan nutrisi khusus lainnya yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sayuran seperti ubi jalar, labu dan bit kaya akan beta-karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Nutrisi ini penting untuk menjaga lapisan mukosa di hidung dan paru-paru cukup kuat untuk bertahan melawan kuman. Konsumsi juga buah-buahan lain, seperti jeruk, mangga dan melon.

3. Tetap Aktif

Keluar rumah untuk mendapatkan sinar matahari pagi dan tetap aktif secara fisik juga menjadi salah satu cara melawan batuk dan gejala flu. Olahraga dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan karena merangsang produksi sel darah putih yang melindungi kita dari penyakit. Namun perlu diperhatikan, bahwa olahraga berlebihan justru dapat mengurangi respons imun.