0 %

Mon, 15 Apr 2019
Langkah Tepat Kembangkan Potensi Diri Sepenuhnya

Siapa sih yang tak ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya? Sayangnya, tidak semua tahu bagaimana memanfaatkan potensi diri untuk mendapatkan hasil baik tersebut. Setiap orang punya potensi yang berbeda-beda dan belum digali dengan maksimal.

Jangan sampai menyia-nyiakannya, buat kamu yang masih bingung bagaimana mengembangkan potensi diri sepenuhnya, ikuti beberapa langkah tepat berikut ini.


1. Pasang Target

Ketika ingin memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan yang lain, kamu wajib menetapkan target setinggi mungkin. Ubah jadi kekuatan yang dapat mengubah perspektif dan meningkatkan kepercayaan diri dalam membuat setiap keputusan.

Terkadang, muncul keraguan untuk mengejarnya karena takut merasa kewalahan akibat target yang dianggap terlalu tinggi. Miliki tekad kuat saat berusaha mewujudkannya dan jangan ada penyesalan karena sudah berani mencobanya.


2. Beri Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Biasanya tanggungjawab untuk menyelesaikan suatu pekerjaan jarang diberikan pada orang-orang yang tak punya banyak pengalaman. Tapi jika tidak memberanikan diri untuk mencobanya, maka kamu tidak akan pernah belajar untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

Walau terkadang harus mengeluarkan usaha, tenaga, maupun pikiran ekstra, tapi hal ini akan memperdalam pengetahuan dan kemampuanmu. Beri tanggung jawab buat diri sendiri untuk menguasai keahlian lain, data baru untuk dianalisis, hingga memperluas networking yang baik buat karirmu.


3. Ketahui Kemampuanmu

Jika bingung bagaimana menentukan potensi diri yang dimiliki, cari tahu bidang apa saja yang disukai dan mampu melakukannya. Setiap orang punya minat dan kemampuan yang berbeda dalam berbagai hal, yang bisa jadi pertanda potensi terbaik yang bisa dikembangkan lebih baik lagi. Mengetahui seberapa besar kemampuanmu dalam bidang tertentu pun juga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu saat menemukan tantangan.


4. Tinggalkan Zona Nyaman

Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini kamu pertahankan. Lakukan secara perlahan agar tidak merasa kewalahan dalam mengembangkan kemampuan dan melihat dunia luar.

Bisa jadi dalam perjalananmu untuk mengeksplorasi bidang-bidang di luar kenyamananmu, akan menemukan kecocokan yang dapat dianggap sebagai potensi yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Cari cara untuk mengembangkannya ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri atau orang lain.


5. Cari Mentor untuk Memberikan Saran maupun Kritik

Tidak jarang dalam mengembangkan potensi akan menemukan beberapa masalah. Walau sudah berusaha menemukan jawaban, tapi tidak jarang kita kesuitan mendapatkan solusi terbaik. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang lain, seperti menemukan mentor terbaik yang dapat memberikan saran dan kritik yang membangun. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki.


Manfaatkan 5 langkah ini untuk membantumu mengembangkan potensi yang tersimpan dalam dirimu agar bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga orang lain di sekitarmu.