0 %

Mon, 17 Jun 2019
Lebaran Usai, Waspadai Munculnya 4 Penyakit yang Mengintai

Usai sebulan lamanya berpuasa, umat muslim menyambut Lebaran sebagai hari kemenangan atas hawa nafsu. Momen yang fitri ini pun diisi dengan berbagai agenda, mulai dari mudik, beribadah bersama, hingga silaturahmi ke kerabat atau keluarga besar. Namun, di balik kebahagiaan yang dialami sekali dalam setahun ini, ada empat penyakit yang mengintai kesehatanmu, lho.


1. Diare

Selain frekuensi buang air besar yang lebih dari tiga kali sehari, diare sering dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti demam, mual, muntah, mulas, hingga kembung. Penyebabnya pun beragam dan risikonya semakin meningkat saat Lebaran karena biasanya kurang memperhatikan asupan makanan. Mulai dari makanan yang mengandung kuman, makanan yang mengiritasi lambung seperti pedas, asam, atau berminyak, hingga memicu alergi.

Jika gangguan pencernaan ini terjadi, pastikan mengganti cairan yang keluar dengan meminum air putih atau oralit agar tidak mengalami dehidrasi. Hindari makanan atau minuman yang dapat memicu diare dan minum obat diare jika perlu.


2. Hipertensi

Dikenal juga dengan istilah tekanan darah tinggi yang meningkat di atas batas normal, tepatnya 120/80mmHg. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya hipertensi setelah Lebaran, salah satunya konsumsi makanan dengan kadar garam yang berlebihan.

Saking bahagianya bisa bertemu dengan keluarga atau kerabat yang lama tak ditemui, kamu tanpa sadar kalap menyantap berbagai makanan yang disajikan di meja makan. Agar tidak terkena hipertensi, batasi makanan bercita rasa asin dan imbangi dengan konsumsi sayuran maupun buah-buahan.


3. Gangguan Lambung

Banyaknya hidangan khas Lebaran memang menggugah selera untuk menyantapnya tapi makanan pedas atau minuman bersoda maupun yang bercita rasa asam pun dapat memicu gangguan lambung atau maag. Gejalanya pun beragam, bisa berupa nyeri di ulu hati, sesak nafas, mual, hingga kembung. Jika memang rentan mengalami maag, selalu sediakan obat dan pastikan untuk memiliki waktu makan yang teratur supaya mencegah kambuhnya gangguan lambung tersebut.


4. Batuk dan Flu

Batuk, bersin-bersin, pilek, demam, dan sakit tenggorokan merupakan keluhan yang bisa saja dialami setelah Lebaran. Umumnya, infeksi saluran pernafasan atas ini dipicu oleh infeksi virus yang menyerang saat daya tahan tubuh melemah akibat kurang istirahat atau pola makan yang kurang seimbang.

Hal ini diperparah oleh padatnya aktivitas yang dilakukan dalam waktu singkat, mulai dari mudik menggunakan kendaraan bermotor yang rentan terpapar polusi udara, bersilaturahmi yang membuatmu bertemu banyak orang, hingga menyentuh benda yang terkontaminasi virus. Lakukan pencegahan sejak dini, seperti meluangkan waktu untuk beristirahat, menggunakan masker untuk meminimalkan kontaminasi virus, hingga rajin mencuci tangan dengan sabun.


Jika sudah terkena batuk dan gejala flu yang bikin aktivitasmu terganggu, jangan ragu untuk meminum OBH Combi Batuk Plus Flu yang formulanya sudah dipercaya dari generasi ke generasi. Dikemas dalam botol anti pecah yang praktis dibawa ke mana pun pergi.

Jangan sampai kondisi tubuh jadi drop karena 4 penyakit yang sering menjangkiti usai Lebaran dengan memperhatikan pola makan dan cukup beristirahat.