0 %

Fri, 28 Sep 2018
Lebih Baik Istirahat di Rumah Saat Terkena Batuk dan Gejala Flu, Ini Alasannya

Bangun dengan hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, otot tubuh yang terasa nyeri dan batuk merupakan tanda kamu terserang batuk dan flu. Ketimbang meminta izin dari tempat kerja dan beristirahat, tidak sedikit yang memilih tetap beraktivitas seperti biasa karena khawatir akan kehilangan waktu dan kesempatan berharga. Sebelum nekat pergi dari rumah dalam keadaan sakit, sebaiknya pertimbangkan beberapa alasan penting berikut ini.

1. Mencegah Penularan Batuk dan Flu pada Rekan Kerja

Pergi bekerja ketika sakit, dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit ke orang-orang di sekitarmu. Menurut Dr. Aaron Glatt dari South Nassau Communities Hospital di New York, melakukan kontak fisik, memegang pegangan pintu yang tertutupi oleh kuman hingga bersin dapat menjadi cara penyebaran kuman. Rekan kerja, atasan maupun klien yang berada dalam jarak satu meter darimu memiliki risiko paling besar tertular flu.

Jika terpaksa harus masuk karena ada meeting atau pekerjaan mendesak, gunakan masker untuk meminimalkan penyebaran kuman dan virus penyakit. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari penularan penyakit yang berpindah dari tangan ke berbagai permukaan barang.

2. Menghentikan Penyebaran Penyakit

Bukan hanya rekan kerja yang berisiko tertular batuk dan flu, orang-orang lain yang berdekatan denganmu di dalam angkutan umum, ditemui di kedai kopi atau sekadar menunggu antrian pun bisa menjadi korban penyebaran penyakit.

Oleh karena itu, rekomendasi agar penderita batuk dan flu beristirahat di rumah memang ditujukan untuk mencegah penyebaran penyakit. Hal ini juga mengurangi risiko menimbulkan komplikasi yang lebih serius para orang-orang dengan sistem kekebalan rendah, seperti anak-anak, manula atau ibu hamil.

3. Cepat Memulihkan Kesehatan

Tetap nekat bekerja saat sakit dapat memperparah masalah kesehatan dan bahkan memaksamu untuk mengambil cuti sakit lebih lama supaya benar-benar sembuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap di rumah saat sakit batuk dan flu dan beristirahat agar memberimu kesempatan terbaik untuk sembuh.