0 %

Mon, 15 Apr 2019
Mudahnya Bahagiakan Diri Sendiri, Modal Raih Kesuksesan

Ingin lebih bahagia? Mulailah dengan bersikap baik pada diri sendiri. Terdengar sederhana, tapi nyatanya banyak orang melewatkan langkah ini. Sebaliknya, kita sering mencoba membuat diri sendiri bahagia dengan mengejar tujuan yang semakin tinggi atau menetapkan standar kesempurnaan yang terus meningkat.

Awali langkahmu dengan meningkatkan kepercayaan diri, terutama di tempat kerja, dengan beberapa cara berikut ini.


1. Berkomitmen untuk Melakukan Satu Hal Baik untuk Diri Sendiri Setiap Hari

Membuat komitmen bukan hanya penting dalam hubungan cintamu, tapi juga buat untuk memperlakukan diri sendiri dengan cinta kasih. Manjakan diri dengan hal-hal sederhana, mulai dari melakukan perawatan kecantikan, nonton film, hingga traveling akan memberi jeda bagi tubuh dan pikiran yang mulai merasa jenuh. Hal baik, sesederhana apapun yang dilakukan pada diri sendiri setiap hari dapat membantu mengembalikan energi yang terkuras oleh kesibukanmu.


2. Dengarkan Diri Sendiri

Manusiawi kok untuk mengkritik diri sendiri dengan harapan memicumu menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi kenyataannya hal ini justru dapat menurunkan kepercayaan dirimu dan membuatmu merasa minder. Yakini kebahagiaan akan datang jika kita mengizinkannya dan merangkul ketidaksempurnaaan yang dimiliki. Jika memutuskan untuk mencintai dirimu sendiri, berhenti berbicara dengan dirimu menggunakan kata-kata negatif.



3. Prioritaskan Kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat tentunya akan membuat kebahagiaan lebih mudah diraih. Mulailah dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sesibuk apapun dirimu. Sinyal stres yang dikirim ke otak dapat mendorongmu untuk melewatkan jam makan atau sebaliknya sulit berhenti makan. Cari cara untuk mendapat asupan gizi yang tepat dan tidak berlebihan sehingga terhindar dari gangguan kesehatan.

Selain itu, stres yang dialami karena terlalu banyak bekerja atau perubahan mood menjadi buruk juga bisa diatasi dengan melakukan latihan pernafasan sederhana. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan untuk menenangkan diri dan tidak memberi kesempatan pada stres untuk menghampirimu.


4. Sesekali Manjakan Diri Sendiri

Seringkali kita terbiasa untuk memilihkan barang dengan harga yang lebih mahal atau membelikan pakaian dengan merk mewah saat berniat memberikannya pada orang lain. Tapi untuk diri sendiri, biasanya lebih cenderung memilih toko atau pilihan lain yang tidak terlalu mahal. Terdengar akrab di telingamu?


Sangat sering kita mengeluarkan uang lebih untuk orang lain, tapi jauh lebih perhitungan saat melakukannya hal yang sama pada diri sendiri. Padahal sesekali memanjakan diri dengan produk yang lebih baik dapat memperkuat kesan bahwa dirimu sendiri lebih berharga.

Merasakan kebahagiaan bisa jadi modal penting dalam meraih kesuksesan di tempat kerja. Selain lebih kebal terhadap stres, produktivitasmu pun lebih terpicu untuk membahagiakan diri sendiri.