0 %

Thu, 15 Jun 2017
Mudik Lebaran, Waspada Tebaran Debu Jalanan

Lebaran sudah ada di depan mata, dan seperti sebagian besar penduduk Indonesia, Anda tentu nggak mau ketinggalan untuk mudik ke kampung halaman. Untuk tranportasi darat, masih banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menghemat biaya.


Selain macet, risiko debu jalanan yang bertebaran mau nggak mau harus dihadapi demi bisa berkumpul bersama keluarga besar. Untuk mencegah batuk yang mengganggu kenyamanan selama perjalanan, segera atasi dengan tips berikut ini.


1. Menggunakan Masker
Buat yang memilih mudik menggunakan sepeda motor, wajib mengenakan masker terutama saat melewati jalan yang padat dengan kendaraan, untuk menyaring udara dari polusi asap dan debu. Tapi jangan sampai salah menggunakan saputangan atau slayer sebagai masker, karena selain posisinya mudah berubah-ubah saat dipakai berkendara, juga kurang efektif dalam melindungi saluran pernafasan.


Pilih masker yang memiliki busa cukup tebal di bagian dalamnya, yang berfungsi sebagai filter terhadap asap maupun debu. Lebih baik lagi jika menggunakan masker combat, yang khusus untuk berkendara karena memiliki sistem saluran udara terpisah, antara udara masuk maupun keluar. Jangan lupa perhatikan kondisi masker dengan mencucinya secara teratur dan menggantinya dengan yang baru apabila sudah tidak layak pakai.


2. Menutup Jendela Mobil di Jalanan Berdebu
Memanfaatkan mobil pribadi untuk mudik memang memiliki beberapa kelebihan. Selain dapat membawa barang lebih banyak, penumpang pun biasanya merasa nyaman karena dapat beristirahat lebih leluasa.