0 %

Thu, 23 Dec 2021
Olahraga saat Batuk? Ini Dia Rekomendasi Olahraga yang Tepat!

Bagi sebagian orang, olahraga sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang sulit ditinggalkan. Bahkan ketika mereka batuk, tak menghalangi mereka untuk tetap berolahraga. Tapi sebenarnya boleh nggak sih, berolahraga saat batuk?

Menurut beberapa ahli, berolahraga saat batuk diperbolehkan dengan beberapa catatan. Salah satunya adalah harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Olahraga yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas ringan dan durasi yang singkat. Jangan paksakan tubuh untuk berolahraga jika kondisi badan tidak memungkinkan, karena istirahat total adalah yang paling utama.

Yuk, intip apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat sedang batuk.

  1. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan saat sedang batuk. Olahraga ini bisa  membantu kamu untuk melatih pernapasan secara perlahan agar bisa bernafas dengan nyaman. Tak perlu keluar rumah, karena olahraga ini bisa kamu lakukan sambil melihat tutorial di internet. Lakukan olahraga ini selama 20 menit atau tergantung kondisi tubuh.

  1.  Jalan Sore

Jalan sore bisa jadi alternatif jika kamu ingin berolahraga saat batuk. Selain tidak terlalu berat, olahraga ini juga bisa membantu agar tubuh tetap bugar, karena suhu tubuh meningkat di sore hari sehingga otot-otot berada pada kondisi yang ideal untuk melakukan olahraga. Selalu ingat untuk sesuaikan intensitas olahraga dengan kondisi tubuh. Apabila terasa sesak atau lemas, sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

  1. Stretching Pagi

Jika kamu sedang batuk namun tetap ingin melakukan olahraga, kegiatan satu ini mungkin juga bisa kamu coba. Ya, stretching dengan intensitas ringan selama 25 menit di pagi hari bisa meregangkan otot-otot pada tubuh. Lakukan pada pukul 9 pagi, sambil berjemur di bawah sinar matahari agar mendapatkan  vitamin D yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah  olahraga,  jangan  lupa untuk  kembalikan  cairan  tubuh  agar  tidak  dehidrasi. Selamat mencoba!

 

Source: