0 %

Mon, 17 Jun 2019
Perubahan Kecil ini Punya Dampak Besar Buat Kelestarian Lingkungan, Lho

Akhir-akhir ini, green lifestyle atau eco-friendly menjadi gaya hidup yang mulai diminati masyarakat modern. Menerapkan efisiensi dalam menggunakan energi dan sumber daya alam, tren ramah lingkungan ini diharapkan mampu menjaga kelestarian alam. Tidak perlu bertindak ekstrem dengan pindah ke lokasi terpencil atau memutuskan peradaban modern, cukup lakukan perubahan kecil berikut ini yang punya dampak besar buat lingkungan.

 
1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Tumpukan sampah menjadi permasalahan yang dihadapi oleh kota, baik besar maupun kecil. Mulailah dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pisahkan sampah, misalnya yang organik bisa dijadikan pupuk kompos sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang atau dgunakan kembali. Seperti botol plastik dan kertas koran yang bisa didaur ulang, sedangkan karton atau botol kaca bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis.


2. Mengurangi Sampah Plastik

Terbiasa menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari, plastik menjadi permasalahan pelik yang harus diatasi secepat mungkin. Plastik butuh ribuan tahun untuk terurai dan walaupun sudah menjadi partikel kecil pun tetap berisiko mengancam kelestarian lingkungan. Mulai dengan mengurangi sampah plastik dalam keseharianmu, seperti menggunakan botol isi ulang, menolak tas plastik dan membawa tas belanja sendiri, hingga mempersiapkan kotak makan saat membeli makanan di luar rumah.


3. Kurangi Penggunaan Kertas

Kertas dihasilkan dari kulit kayu dari ribuan pohon yang ditebang dan memicu menyusutnya populasi hutan di dunia. Ini saatnya memanfaatkan teknologi digital untuk mengurangi penggunaan kertas, misalnya mencatat daftar belanja dengan aplikasi di ponsel, menggunakan kertas bekas dengan bijak, hingga beralih ke majalah atau buku digital.


4. Mulai Konsumsi Sayuran dari Petani Lokal

Cara mudah untuk mengurangi jejak karbon adalah dengan membeli produk yang ditanam secara lokal. Ketika berbelanja pada petani atau peternak lokal alih-alih membeli produk yang dikirim dari jauh, kamu sebenarnya mendukung perusahaan susu dan pertanian setempat. Selain meningkatkan konsumsi sayuran dari petani setenpat, bisa juga mencoba melakukan pertanian organik di rumah sendiri, bahkan dapat menjual kelebihannya pada teman dan tetanggamu.


5. Hijaukan Rumahmu

Mulai aksi melestarikan lingkungan dari rumahmu sendiri dengan menghijaukan area sekitar rumah. Tidak perlu lahan luas untuk berkebun, gunakan wadah-wadah seperti bekas kotak susu, wadah minyak, atau botol plastik sebagai pengganti pot.

Tanam sayuran yang dapat dipanen sendiri dan dimanfaatkan untuk membuat menu makanan sehat buat keluarga. Selain dapat menghemat uang belanja, udara di sekitar rumah pun jadi terasa lebih segar dan teduh berkat warna-warna hijau dedaunan di halaman.  


Mengikuti tren ramah lingkungan bukan berarti harus melakukan perubahan besar-besaran dalam menjalani hidup, kok. Mulai lakukan hal-hal sederhana ini untuk ikut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan.