0 %

Tue, 20 Nov 2018
Sebelum Resign, Coba Cara ini untuk Tangkal Negativitas di Tempat Kerja

Ada berbagai hal yang membuatmu menyukai pekerjaan yang  kini sedang digeluti. Tapi negativitas di lingkungan kerja bukan salah satunya. Keluhan, gosip maupun fitnah membuatmu mulai kurang nyaman, bahkan berpikir untuk resign. Sebelum mengambil keputusan penting tersebut, coba tangkal sisi negatif dari lingkungan kerjamu dengan beberapa cara jitu berikut ini.

1. Menghentikan Pikiran Buruk

Hentikan pikiran buruk sebelum merusak harimu dengan belajar mengenali pikiran negatif sebagai langkah pertama. Begitu merasakan keinginan untuk mengeluh, luangkan waktu sebentar untuk berhenti dan bernafas untuk meringankan beban pikiran.

Jangan biarkan hal-hal negatif terus berkembang dalam pikiranmu dan gunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif sebagai gantinya. Jika terlarut dalam pikiran negatif,  hanya akan membuang waktu dan energimu.

2. Menolak untuk Berpartisipasi

Gosip nggak hanya akrab dengan dunia hiburan, tapi juga lingkungan kantor. Mulai dari kenaikan gaji atau jabatan yang dianggap nggak adill, perilaku atasan di mata anak buahnya atau sikap rekan kerja yang dipandang kurang wajar.

Walau orang-orang di sekitarmu terus membicarakan, usahakan untuk mengabaikannya dan menolak untuk ikutan bergosip. Selain meningkatkan pikiran negatif pada hal-hal yang belum tentu kebenarannya, terlalu asik bergosip juga bakal bikin pekerjaanmu jadi tertunda.

3. Tetap Bersikap Baik

Be nice. Jangan biarkan lingkungan kerja yang negatif membuatmu berubah menjadi pengeluh bahkan bersikap negatif. Pertama, manjakan diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai untuk mencerahkan mood dan mengubah pandanganmu menjadi sesuatu yang lebih positif.