0 %

Tue, 2 Oct 2018
Sulitnya Munculkan Ide Kreatif, Pancing dengan Cara-Cara Ini

Pekerjaanmu menuntut untuk terus memunculkan ide yang kreatif, baru, dan segar. Sayangnya, kali ini aliran kreativitasmu lagi buntu dan tergoda untuk meniru hal-hal yang sudah terbukti meraih sukses.


Hati-hati, bisa jadi malah dicap plagiat di tempat kerja hanya karena merasa putus asa dalam mendapatkan inspirasi yang cemerlang. Ada beberapa cara untuk menggali kembali ide kreatifmu, seperti berikut ini.


1. Keluar dari Rutinitas
Setiap hari menjalankan rutinitas yang sama dan itu-itu saja bisa membuatmu merasa bosan dan jenuh. Kalau hal ini sudah terjadi, bukan hanya akan mempengaruhi mood tapi juga kreativitasmu.


Tiru bagaimana orang kreatif menemukan inspirasinya, yaitu dengan berani mencoba hal yang baru, bukan hanya mengurung diri di zona nyaman. Tidak perlu terlalu ekstrem dalam melakukan perubahan, mulailah dari hal yang kecil, misalnya mengganti moda transportasi atau menjajal model pakaian tertentu.


2. Memperluas Pergaulan
Kreativitas itu seperti virus, yang menular saat mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang tak kalah kreatifnya. Bukan hanya memberi feedback dan sudut pandang yang berbeda pada proyek yang tengah mentok, tapi juga membuatmu termotivasi untuk memberikan hasil kerja yang terbaik.


Buka pikiran untuk menerima berbagai saran bahkan kritik yang mendorongmu untuk think out of the box. Untuk menemukan jaringan orang-orang kreatif, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari rajin mengunjungi coworking space, mengikuti forum online atau media sosial orang-orang kreatif lainnya, hingga menghadiri kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pekerjaan atau minatmu.