0 %

Mon, 17 Jun 2019
Susah Move On dari Kesuksesan? Motivasi Diri dengan Cara Ini

Selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan fokus pada tujuanmu untuk menyelesaikan proyek besar atau membuat presentasi penting di depan klien, keberhasilan akhirnya ada di tanganmu. Selama ini, kamu mungkin hanya membayangkan kegembiraan yang didapat setelah mencapai target, tapi yang sering gagal diantisipasi adalah periode selanjutnya.

Bahkan tidak jarang, kesuksesan yang didapat berbalik menjadi boomerang yang bikin diri sendiri sulit melangkah ke depan. Yuk, move on dan raih impian demi impian dengan memotivasi diri sendiri.


1. Pahami Jika Akan Ada Masa Sulit

Miliki pemahaman jika tantangan ke depan akan semakin sulit. Kesalahan umum yang biasa dibuat setelah berhasil meraih kesuksesan adalah memiliki harapan yang tidak realistis pada pekerjaanmu yang selanjutnya.

Setelah mencurahkan segala tenaga dan usaha yang dimiliki, cadangan energimu mungkin akan habis dan sulit mempertahankan konsentrasi. Sesuaikan harapan yang dimiliki agar dapat membantu meminimalkan kesalahan yang dibuat oleh diri sendiri.


2. Buat Strategi yang Tepat

Bagi kebanyakan orang, kesuksesan hanya akan dinikmati sesaat sebelum kembali mengerjakan pekerjaan yang sudah menumpuk. Meskipun tergoda untuk segera menyelesaikannya, hal ini bukan keputusan terbaik karena semua pekerjaan terasa penting dan mendesak. Hasilnya, kamu akan mudah merasa kewalahan dan berujung dengan stres.

Coba buat strategi yang tepat dengan meluangkan waktu untuk membuat daftar, mengklarifikasi, dan memprioritaskan tugas-tugasmu. Hal ini akan membantumu fokus, meningkakan motivasi, dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan manajemen waktu yang tepat.


3. Isi Ulang Energimu

Untuk mencapai kinerja maksimal, tubuh manusia membutuhkan periode pemulihan. Bekerja dengan fisik dan pikiran yang lelah hanya akan memberikan hasil yang buruk. Mengambil waktu istirahat setelah kemenangan besar yang diraih bukan pilihan, tapi kewajiban. Manfaatkan waktu luang selama beberapa hari dan jika memungkinkan, matikan ponsel atau hindari mengecek email setelah jam kerja.

Slowing down dengan bersantai-santai bukan hanya pilihan yang kamu miliki untuk mengembalikan energimu. Terkadang butuh cara yang baru, misalnya pertimbangkan menelepon teman atau menjajal olahraga baru.


4. Temukan Kata-Kata Bijak Pemberi Semangat

Motivasi yang sering tenggelam saat harus menjalani rutinitas setelah mencapai tujuan jadi momok yang harus dihindari. Gunakan kutipan atau kata-kata bijak yang mampu mengembalikan semangatmu. Cetak dan tempelkan di tempat-tempat yang sering dilihat, atau jika perlu ambil spidol dan tulis di cermin yang akan dibaca setiap pagi untuk membakar semangatmu.


5. Miliki Tujuan yang Lebih Kecil untuk Dicapai

Tentu saja, kamu harus memiliki tujuan yang sangat besar dan berani. Tapi pastikan untuk memecahnya menjadi target-target yang lebih kecil dan sederhana. Cara ini akan membuatmu merasa telah membuat kemajuan dan keberhasilan setiap kali menyelesaikan goal-goal kecil yang akan memicu semangat dan motivasi.


Siap mengalahkan tantangan berikutnya dengan motivasi dan semangat yang membara?