0 %

Mon, 17 Jun 2019
Tak Hanya Bikin Sehat, 5 Olahraga Ini Jadi Aksi Nyata Go Green-mu

Olahraga selama ini dipandang sebagai salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Bahkan aktivitas fisik pun memiliki tren yang terus berubah setiap tahunnya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern. Bukan hanya sekadar menjaga tubuh tetap sehat, 5 olahraga kekinian yang unik ini menawarkan cara baru untuk menjaga lingkungan sekitarmu.


1. Plogging

Tren olahraga ini berasal dari Swedia dan kini mulai banyak diminati dari berbagai negara. Plogging sendiri merupakan gabungan kata plocka upp dan jogging. Plocka upp artinya mengambil sampah, sehingga plogging adalah jogging yang dilakukan sambil mengambil sampah.

Cara ini bisa dijadikan kebiasaan baik di pagi hari, dengan berlari di sekitar kompleks sambil membawa kantung sampah. Setiap kali melihat ada sampah yang berserakan, kamu bisa berhenti dan mengumpulkannya. Bukan hanya tubuh jadi sehat, lingkungan di sekitarmu pun jadi lebih bersih.


2. Green Gym

Dimulai oleh sekelompok pecinta lingkungan di UK, green gym ini ditujukan pada kegiatan yang membutuhkan tenaga dan membakar kalori, sekaligus berorientasi memperbaiki lingkungan. Salah satu aktivitas yang cukup menguras fisik adalah menanam pohon atau berkebun di area terbuka.

Kamu pun bisa mengikuti tren green gym ini di rumah. Mulai dari melakukan bersih-bersih di rumah, menanam tanaman di sekitar teras rumah, atau membuat kebun sayur mini. Selain bikin tubuh lebih segar, lingkungan sekitar tempat tinggalmu pun jadi lebih asri.


3. Strawkling

Buat yang mengaku pecinta snorkeling tentunya terobsesi mencari tempat dengan air yang bersih dan pemandangan bawah laut yang menawan. Berbeda dengan olahraga anti mainstream yang satu ini, strawkling yang dimulai oleh para perenang dan penyelam di Australia.

Tren ini bermula dari banyaknya sampah terutama sedotan plastik yang terbawa hingga ke laut dan pantai. Sambil berolahraga di air, kamu bisa mengumpulkan sampah plastik sehingga membantu laut lebih bersih dan indah.


4. Olahraga di Ruangan Terbuka

Kesulitan untuk melakukan berbagai tren olahraga hijau atau terbiasa berolahraga di gym? Lakukan perubahan kecil dengan membawa olahraga ke luar ruangan.

Selain mengurangi pengeluaranmu untuk berolahraga di gym, kamu juga bisa menghemat waktu karena dapat melakukan aktivitas fisik di area terbuka yang dekat dengan tempat tinggal. Tak perlu menyumbang polusi kendaraan, tubuh pun jadi lebih segar dan bugar karena berolahraga di tengah udara sejuk dan paparan sinar matahari pagi.


5. Mengikuti #trashtag Challenge

Ini tantangan yang sempat viral dan banyak diikuti oleh generasi muda. Tinggal temukan area dengan banyak sampah yang berserakan lalu kumpulkan beberapa temanmu untuk bergotong royong membersihkannya.

Sebelumnya abadikan momen saat kamu dan sekelompok orang lainnya berdiri di antara sampah-sampah dan rekam momen setelah membersihkannya. Unggah ke media sosial dengan menyertakan #trashtag challenge dan tantang temanmu yang lain untuk melakukan hal yang sama.


Menyehatkan tubuh sekaligus lingkungan bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik kekinian ini. Siap menjajalnya?