0 %

Tue, 29 Jan 2019
Tak Perlu Waktu Lama untuk Tingkatkan Motivasi, Cukup 5 Menit!

Diburu waktu untuk menyelesaikan deadline pekerjaan atau akan menghadapi meeting penting yang bakal digelar dalam waktu dekat? Kamu butuh suntikan motivasi dan kepercayaan diri yang akan membawamu melewati rintangan ini.

Sayangnya, waktu yang dimiliki tak banyak untuk meningkatkan semangat dan menjaga suasana hati tetap positif. Untungnya, ada beberapa cara jitu yang hanya memperlukan beberapa menit dan sedikit latihan untuk mencapai tingkat motivasi yang diinginkan.


1. Meniru Pose Superhero untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bahasa tubuh ternyata bukan hanya mempengaruhi penilaian dari orang lain, tapi juga internal tubuhmu. Amy Cuddy, profesor dari Harvard School of Business menyatakan pentingnya komunikasi non verbal, salah satunya lewat power pose. Pose dengan energi tinggi terlihat dari dada yang membusung, lengan terentang dan tegak.

Faktanya, menahan pose ini selama dua menit saja dapat meningkatkan kadar testosteron yang berhubungan dengan kepercayaan diri dan menurunkan kadar kortisol yang berkaitan dengan kadar stres. Lakukan di kamar mandi atau ruang kerja yang tertutup untuk meningkatkan semangat kerja.


2. Menulis Rencana yang Baru

Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk mengatakan pada diri sendiri jika kamu akan memiliki awal yang baru. Para peneliti dari Wharton School of Business menyebut cara ini akan memberikan ledakan energi dengan memiliki pandangan yang lebih besar di masa depan.

Hal ini akan membuatmu lebih termotivasi untuk menyelesaikan sesuatu dan tidak memikirkan risiko kegagalan. Cobalah untuk duduk dan menuliskan catatan di atas kertas. Diawali dengan permasalahan yang selama ini menunda kesuksesanmu, lalu tuliskan rencana barumu untuk mengatasinya.


3. Memakan Cokelat

Cara sederhana lainnya yang tak butuh banyak waktu untuk meningkatkan motivasi adalah dengan memakan cokelat. Bukan hanya mudah didapat dan rasanya yang lezat, efek cokelat telah terbukti mampu menenangkan, mengembalikan motivasi, dan meningkatkan rasa bahagia. Selain cokelat, ada beberapa makanan lainnya yang dapat dikonsumsi saat perlu suntikan semangat dalam waktu singkat, seperti blueberry atau ikan yang kaya asam lemak Omega 3.


4. Rayakan Kemenangan Kecil

Berhasil menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang ditentukan atau sukses membuat janji dengan klien penting merupakan kemenangan kecil yang wajib dirayakan. Selain menjadi bentuk penghargaan atas upaya yang dilakukan, bentuk apresiasi pada diri sendiri ini juga jadi cara ampuh untuk menjaga tingkat motivasi. Tidak perlu muluk-muluk, mengizinkan diri untuk menikmati kudapan favorit atau menonton film favorit bisa jadi reward yang cukup menyenangkan.


5. Melihat Warna Hijau

Penasaran dengan semua tanda sale berwarna merah? Warna ini membuat orang bereaksi lebih cepat dibandingkan warna lainnya. jika warna merah cenderung menarik perhatian, maka warna hijau mampu memberikan dorongan terbesar dalam motivasi dan energi, serta meningkatkan kreativitas.

Saat sedang jenuh, beri kesempatan untuk berjalan-jalan di luar untuk melihat taman dengan banyak tanaman hijau. Selain dapat melihat lebih banyak warna hijau, kamu akan jauh lebih termotivasi setelah sejenak melakukan aktivitas fisik dan mendapat udara segar.


Tidak butuh banyak waktu dan usaha untuk mendapatkan suntikan motivasi, cukup lakukan 5 hal sederhana ini.