0 %

Fri, 21 Jan 2022
Tak Seindah Rasanya, Makanan Ini Ternyata Bisa Memperberat Batuk Lho!

Batuk adalah salah satu gejala penyakit saluran pernapasan atas yang sering dialami sebagian orang. Saat batuk melanda, tubuh menjadi tidak nyaman dan membuat aktivitas menjadi terganggu. Selain menjaga kebersihan dan olahraga yang teratur, menjaga pola makan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. 

Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan agar tidak memperberat kondisi batuk, simak info lengkapnya berikut ini:

  1. Makanan yang Digoreng

Kamu pasti sering mendengar anjuran untuk menghindari makanan yang digoreng supaya tidak memperberat batuk. Salah satu penyebabnya adalah minyak yang digunakan untuk menggoreng berulang kali dengan suhu lebih dari 180 derajat celcius akan menghasilkan senyawa akrolein. Senyawa akrolein inilah yang bisa mengiritasi dinding-dinding tenggorokan jika dikonsumsi terlalu banyak. Akibatnya, batuk bisa menjadi semakin parah.

  1. Makanan Olahan

Banyak yang tidak sadar bahwa makanan olahan termasuk fast food, makanan ringan, keripik, dan makanan kemasan lainnya bisa menyebabkan atau bahkan memperparah batuk saat dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan nutrisi seseorang. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition mengatakan bahwa nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Makanan olahan cenderung tidak mengandung gizi, termasuk vitamin, mineral, dan serat,sehingga dapat melemahkan sistem imun tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, sayuran dan buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi risiko terkena batuk akibat infeksi virus.

  1. Makanan Pemicu Alergi

Batuk tidak hanya dipicu oleh debu atau polusi, tapi juga bisa muncul kareena penyakit sebagai gejala asma yang dikaitkan dengan reaksi alergi seseorang. Beberapa kasus batuk menjaddi semakin parah disebabkan oleh asma yang berhubungan dengan makanan atau minuman pencetus alergi, misalnya makanan laut, kacang-kacangan, susu sapi, dan lain-lain. Jika kamu memiliki riwayat alergi makanan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut supaya tidak memperberat kondisi batuk.

  1. Minuman Berkafein

Konsumsi es kopi di siang hari memang terasa segar, karena bisa meningkatkan semangat produktivitas saat bekerja, Tapi, konsumsi minuman dengan kandungan kafein terlalu sering bisa menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga menimbulkan rasa gatal. Tidak hanya kopi, minuman berkafein lainnya seperti teh, minuman berenergi, hingga minuman bersoda juga bisa memicu munculnya batuk karena tenggorokan yang kering. Salah satu cara untuk meredakan batuk adalah dengan minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh dan tenggorokan tetap terhidrasi.

  1. Susu dan Produk Olahan Susu

Makanan selanjutnya yang harus dihindari untuk memperberat batuk adalah susu dan semua produk olahannya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal “Medical Hypotheses” bahwa produk olahan susu bisa merangsang pembentukan dahak di saluran pernapasan pada beberapa orang. Maka dari itu, jika sedang batuk berdahak dianjurkan untuk menghindari susu serta produk olahannya supaya tidak memperberat kondisi batuk.

Selain menghindari beberapa makanan di atas, obat dengan kandungan Ekspektoran yang bekerja untuk membantu mengeluarkan dahak, Antihistamin yang berfungsi mengurangi gejala alergi, Dekongestan yang berfungsi melonggarkan saluran pernafasan, dan Analgesik-antipiretik untuk menurunkan demam dan sakit kepala dapat diberikan sebagai pertolongan pertama di rumah untuk meredakan gejala batuk dan flu. Jangan lupa, untuk tetap jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan, rutin berolahraga, dan konsumsi makanan dengan gizi lengkap supaya terhindar dari batuk akibat penyakit.

 

Source: