Tue, 10 Apr 2018
Tingkatkan Produktivitas Kerja Lewat Ruang Kerja yang bersih dan Nyaman

Baik Bekerja dari rumah atau kantor, kondisi ruang kerja sangat mempengaruhi tingkat produktivitas kerja. Kantor yang nyaman bukan hanya memberikan inspirasi, tapi juga membantumu tetap fokus, tidak mudah stres, dan juga meningkatkan semangat dalam bekerja. Tidak harus melakukan perubahan besar-besaran, cukup lakukan beberapa hal kecil berikut ini untuk memiliki ruangan yang nyaman dan menyenangkan untuk bekerja.

1. Menambahkan Tanaman Hijau

Bekerja di ruangan yang tertutup bisa memicu rasa bosan dan stres. Jika masih memiliki tempat kosong di meja atau sudut ruangan,tidak ada salahnya menambahkan tanaman hijau sebagai pemanis.

Carilah tanaman yang perawatannya tidak terlalu rumit, misalnya kaktus atau jenis succulent yang membutuhkan minimal air atau sinar matahari. Menambahkan tanaman hijau dalam ruang kerja tidak hanya membuat suasana terasa lebih segar, tapi juga memberikan energi positif yang baik bagi produktivitas kerja.

2. Memastikan Pencahayaan yang Pas

Idealnya, ruang kerja harus memiliki banyak jendela dan cahaya alami. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan mood dan membuatmu lebih produktif. Tapi jika tidak memungkinkan, dapatkan pencahayaan buatan yang memadai di ruang kerja, sehingga memudahkanmu untuk melakukan berbagai aktivitas seperti membaca atau menulis.

Cobalah pasang lampu lampu kecil di atas meja yang bikin suasana kerja terasa lebih hangat dan nyaman. Meja kerja dengan pencahayaan yang tepat tidak hanya melancarkan kreativitas, tapi juga memicu produktivitas, dan tidak mudah mengantuk.

3. Menambahkan Dekorasi yang Bersifat Personal

Meja kerja dan ruangan yang terlihat kaku tentunya akan membuatmu malas dan cepat bosan. Akibatnya produktivitas kerja tentunya semakin menurun. Untuk meningkatkan mood dan semangat bekerja, Anda bisa menambahkan dekorasi yang bersifat personal.

Pilihannya pun bermacam-macam, bisa dari foto keluarga, poster inspirasional, atau note berisi tulisan penyemangat dari pasangan, orangtua, maupun anak-anak. Bisa juga menambahkan papan yang tidak hanya menjadi elemen dekoratif tapi juga membantu kerjamu lebih terorganisir.

4. Menjaga Meja Tetap Bersih dan Bebas Debu

Tidak ada yang lebih buruk daripada ruangan kerja yang kotor dan berantakan. Selain dapat menghalangi kemampuan menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi produktivitas, menghabiskan waktu lama dalam ruang yang kurang nyaman rentan memicu stres dan bad mood.

Walau sibuk, selalu sempatkan untuk membersihkan meja kerja dan menatanya kembali, sebelum memutuskan untuk pulang. Mulailah dengan membuang barang-barang yang tidak terpakai, meminimalkan barang-barang dekoratif agar meja tidak tampak terlalu padat, hingga menciptakan sistem meletakkan barang-barang penunjang kerja agar selalu terlihat rapi.

Ruang kerja yang bebas debu, bersih, penuh cahaya matahari dan terjamin kesegarannya tentunya berdampak bagi kesehatanmu. Salah satunya terhindar dari batuk.

Yuk, jaga ruangan kerja senyaman mungkin untuk mendukung suasana kerja yang produktif dan bebas batuk!