0 %

Mon, 25 Jun 2018
Tips Redakan Flu dan Batuk Yang Efektif!

Perubahan cuaca yang tak menentu, pagi dan sore yang dingin kemudian berganti panas di siang hari, membuat kekebalan tubuh rentan terserang penyakit. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami adalah flu yang disertai batuk. Akibatnya, kelancaran aktivitas jadi terganggu, bahkan tertunda.


Buat yang sudah merasakan gejala flu seperti batuk, bersin-bersin, hidung tersumbat, demam dan sakit kepala, ada beberapa cara untuk membantu memulihkan kesehatanmu.


1. Banyak Minum Air
Batuk dan pilek bisa memicu postnasal drip atau kondisi yang terjadi saat lendir atau ingus yang berlebihan menumpuk di bagian belakang tenggorokan. Untuk menipiskan lendir sekaligus menjaga selaput lendir tetap lembab, pastikan dirimu untuk menghidrasi tubuh dengan banyak minum air putih. Bisa juga menambahkan madu untuk memberikan rasa nyaman pada tenggorokan.


2. Mandi Air Hangat
Selain bikin badan jadi rileks, mandi air hangat ternyata punya banyak manfaat. Uap panas dalam kamar mandi dipercaya mampu melembapkan saluran di dalam hidung untuk mengurangi iritasi pada penderita alergi, batuk dan pilek. Memiliki fungsi yang mirip dengan humidifier alias mesin pelembap udara, kebiasaan mandi air hangat ini membantu meringankan gejala batuk dan flu.


3. Banyak Beristirahat
Sering dianggap remeh, ada alasan penting penderita flu dan batuk disarankan untuk banyak beristirahat di rumah. Memaksakan diri menjalani aktitivitas berat dan padat bukan hanya membuat daya tahan tubuh semakin lemah, tapi juga membuat proses penyembuhan semakin lama dan meningkatkan risiko penularan penyakit pada orang-orang di sekitarmu. Habiskan banyak waktu dengan beristirahat untuk memulihkan kesehatanmu. Ada baiknya baru menjalankan rutinitas secara bertahap terutama setelah terkena demam.