0 %

Fri, 29 Mar 2019
4 Manfaat Teknologi Digital yang Bantu Munculnya Kreativitas dan Inovasi

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat diakui membawa perubahan baik dalam setiap sisi kehidupan, termasuk dalam hal kreativitas tanpa batas. Ada empat alasan bagaimana kemajuan teknologi ini mendorong munculnya inovasi-inovasi baru, khususnya di lingkungan tempatmu bekerja.


1. Akses Informasi

Informasi mungkin merupakan unsur terpenting untuk kreativitas. Sangat mudah untuk melihat bagaimana mendapatkan akses ke informasi yang baru dan beragam, sehingga dapat memicu sebuah ide.

Sama mudahnya untuk melihat bagaimana teknologi digital menyediakan akses tersebut. Apa pun yang dicari untuk menunjang pemikiran kreatif, bisa dimanfaatkan dengan mudah untuk mencari jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi.


2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karyawan yang memiliki komitmen pada perusahaan tidak perlu diperintah atau ditunjuk untuk mendapatkan ide-ide yang digunakan dalam menjawab beragam masalah yang ditemukan di tempat kerja. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keterlibatan dalam tingkat yang serupa.

Tingkatkan produktivitas kerja dengan menyediakan pengaturan kerja fleksibel yang difasilitasi teknologi digital. Salah satu penelitian terbaru yang dikutip oleh situs Fast Company menyebutkan jika beberapa orang yang bekerja dari rumah bisa lebih produktif daripada yang menghabiskan waktu seharian di kantor.


3. Tingkatkan Koneksi Sosial di Lingkungan Kerja

Kebanyakan orang yang menerima dukungan pada pekerjaannya cenderung lebih mudah mengembangkan inovasi-inovasi baru yang didukung oleh kreativitas tanpa batas. Rupanya, hubungan yang baik antara rekan kerja menjadi salah satu faktor yang menjadi pemicunya. Teknologi digital membuka jalan untuk meningkatkan koneksi antara kolega sehingga membantu menciptakan lingkungan kerja yang memberi semangat kerja.

Bukan hanya sekadar karyawan di satu ruang atau divisi, kini kamu makin mudah mengenal kolega lain di perusahaan yang sama, atau bahkan yang berbeda hanya dengan memanfaatkan teknologi internet. Selain dapat berkomunikasi dengan mudah lewat chatting atau mengirim email, bisa juga melakukan berkenalan dan meningkatkan hubungan lewat media sosial.


4. Tingkatkan Koneksi dengan Atasan

Memiliki atasan yang dapat mendukung hasil kerja anak buah, mendengarkan pendapat, dan mempertimbangkan masukan seakan jadi kualifikasi pemimpin yang sempurna, kan. Sayangnya, agenda pekerjaan yang padat seringkali membuat atasan sulit meluangkan waktu untuk memperkuat koneksi dengan karyawannya.

Untungnya, ada teknologi digital yang dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan kerja yang baik, misalnya tidak perlu melakukan rapat di satu tempat yang sama karena dapat memanfaatkan fasilitas teleconference. Begitu juga untuk saling berkomunikasi kini tak lagi sulit berkat berbagai pilihan media komunikasi yang mudah dan cepat.


Kemajuan teknologi telah memainkan peran besar dalam menciptakan peluang bagi siapa saja untuk kreatif dan menjadi lebih unggul. Kreativitas akan semakin meningkat dengan teknologi digital yang dimanfaatkan dengan bijak.