0 %

Fri, 29 Mar 2019
5 Cara Mudah Asah Kreativitas Tak Terbatas di Akhir Pekan

Sering bikin rencana untuk weekend yang mendadak bubar karena rasa malas yang menyerang secara tiba-tiba? Lebih memilih untuk bermalas-malasan di rumah, tanpa sadar kamu memasukin minggu yang baru tanpa semangat dan pikiran yang fresh.

Lama-kelamaan hal ini bisa mengancam kreativitasmu. Segera cegah dengan melakukan beberapa cara mudah ini yang terbukti mengasah pikiran kreatifmu.


1. Luangkan Waktu untuk Menulis

Menulis dalam jurnal dengan tulisan tangan akan membiarkan apa pun yang ada dalam pikiranmu mengalir keluar. Cara ini cukup efektif untuk menggali kreativitas dalam diri sendiri sekaligus melakukan introspeksi. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menuangkan pikiran di atas buku yang membantumu untuk membuat rencana yang lebih nyata.


2. Ganti Playlist Lagumu

Mendengarkan musik terbukti dapat membantu pikiran untuk lebih fokus dan memicu kreativitas. Namun mendengarkan lagu-lagu yang itu saja juga dapat membuatmu merasa jenuh dan bosan, yang kemudian berujung pada kebuntuan ide.

Coba dengarkan genre musik yang sebelumnya tidak pernah didengarkan. Siapa tahu musik klasik dapat membantumu lebih tenang atau classic rock yang mendorongmu berpikir out of the box.


3. Maksimalkan Jam Tidur

Bukan hanya sekadar bermalas-malasan, memiliki tidur yang berkualitas akan memberi kesempatan untuk mengerjakan hal-hal yang tidak dapat diproses saat terbangun. Coba luangkan waktu 20 menit di siang atau sore hari untuk membiarkan pikiran dan tubuh beristirahat. Saat bangun, kamu akan merasa lebih mudah untuk fokus dan konsentrasi, sehingga lebih mungkin membuat terobosan dalam menemukan ide-ide kreatif.


4. Ganti Pemandangan

Jika selama ini kamu bekerja dikelilingi ruangan di kantor atau rumah, tidak ada salahnya kini mengganti pemandangan rutin harian dengan mengunjungi taman terdekat. Bahkan menghabiskan waktu di kedai kopi pun bisa jadi cara asyik untuk meningkatkan kreativitas karena dapat melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal yang baru dan berbeda. Selain itu, traveling untuk mencari suasana baru juga bisa jadi cara luar biasa untuk melepaskan sisi kreatifmu.


5. Bertemu dengan Teman

Akhir pekan seharusnya jadi saat yang menyenangkan dan mungkin sedikit mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman. Putuskan untuk mengangkat telepon dan mengajak temanmu untuk bertemu.

Tidak harus sahabat baik, bisa saja rekan kerja, teman dari satu komunitas, maupun orang yang baru beberapa kali ditemui. Kamu tak pernah tahu pengalaman maupun wawasan yang dimiliki dan dapat mempengaruhi cara pikirmu menjadi lebih positif dan kreatif.


Jangan biarkan akhir pekan berlalu begitu saja. Manfaatkan waktu luangmu untuk hal-hal berikut ini yang akan menjaga kreativitasmu tetap menyala hingga memasuki minggu yang baru.