0 %

Fri, 29 Mar 2019
5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Efektif Picu Kreativitas Tanpa Batas

Munculnya kreativitas terkadang sulit diprediksi. Terkadang bisa muncul saat terbangun di dini hari atau pergi begitu saja saat atasan meminta ide darimu. Seringkali, kreativitas justru sulit mengalir di saat-saat kamu paling membutuhkannya. Untungnya, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk membantumu berpikir kreatif sepanjang hari. Yuk, jajal 5 rutinitas pagi hari berikut ini.


1. Berhenti Menekan Tombol Snooze

Jika ingin menjadi orang dengan kreativitas tinggi, hal pertama yang harus dilakukan adalah bangun pagi. Tetapkan waktu tertentu di pagi hari sebagai target dan berusaha untuk mencapainya dengan bangun setengah jam lebih awal setiap minggu. Walau hanya 30 menit, ada banyak hal yang bisa diselesaikan dalam kurun waktu tersebut.

Untuk membangun kebiasaan ini, jangan membiasakan diri untuk menekan tombol snooze. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurophysiology, bagian otak yang berperan penting dalam proses kreatif bekerja maksimal di pagi hari. Jadi tak ada alasan lagi untuk menunda pekerjaan atau apa pun yang ingin dilakukan di sore atau malam hari, ya.


2. Berolahraga di Luar Ruangan

Berolahraga terbukti mampu menenangkan pikiran dan mengurangi stres sehingga mendukung munculnya kreativitas. Luangkan waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga, seperti berlari atau aerobik dengan intensitas tinggi yang mendorong kerja otak yang prima. Bahkan, sebuah studi dari Stanford University menyebutkan hanya butuh 10-15 menit jalan cepat untuk meningkatkan kreativitas secara signifikan.


3. Jangan Terburu-Buru Menikmati Kopimu

Biasanya, kamu terbangun oleh aroma kopi dan segera meminumnya. Ternyata penelitian menyebutkan kebiasaan ini justru dapat menghambat aliran kreativitas. Menurut situs Jeff Bullas, begitu tubuh terbiasa dengan asupan kafein setiap pagi, hal ini menyebabkan produksi kortisol kurang optimal, sehingga menghilangkan dorongan alami.

Solusinya cukup sederhana, minum secangkir kopi setidaknya satu jam setelah bangun tidur. Cara ini tidak akan menghalangi produksi kortisol dan mendapatkan manfaat dari kafein yang membuatmu lebih bersemangat memulai hari.


4. Tulis Jurnal di Pagi Hari

Tidak harus jadi penulis untuk menuangkan ide di atas kertas di pagi hari. Bahkan, kebiasaan ini akan melatihmu untuk mengatur hari yang produktif dan kreatif. Abaikan ponselmu dan ambil pena untuk menuliskan apa pun yang terlintas di pikiranmu di atas kertas. Hanya beberapa menit menulis dipercaya dapat membantu meningkatkan memori, memberikan rasa tenang, dan membiarkan kreativitas mengalir.


5. Dengarkan Musik Selama 10 Menit

Musik adalah alat hebat untuk membuka kreativitasmu. Coba dengarkan album baru saat mandi pagi atau saat membuat sarapan untuk merangsang bagian otak yang mengendalikan emosi dan mendorong untuk berpikir kreatif. Tidak ada salahnya menjajal mendengarkan musik klasik yang membantumu untuk berkonsentrasi, seperti Don Campbell atau The Mozart Effect.


Yuk, bangun kebiasaan-kebiasaan ini di pagi hari untuk aliran kreativitas tiada henti.