0 %

Sat, 15 Apr 2017
5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Kala Musim Pancaroba Tiba

Musim pancaroba merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, maupun sebaliknya. Perubahan cuaca yang seringkali mendadak bikin tubuh rentan terkena penyakit, salah satunya batuk. Nah, supaya hal ini nggak sampai mengganggu aktivitasmu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim pancaroba seperti berikut ini.


1. Mengenakan Baju Hangat
Musim pancaroba ditandai dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba, pagi masih cerah eh siangnya sudah hujan. Akibatnya tubuh jadi menggigil karena suhu yang tiba-tiba dingin, dan berakibat menekan sistem kekebalan tubuh yang membuatmu mudah terkena penyakit. Lindungi tubuh dari dingin dengan memakai pakaian hangat, seperti jaket, sweater, atau syal.


2. Mencuci Tangan
Sebagian besar penyakit ditularkan lewat udara atau kontak fisik yang memasukkan kuman maupun virus ke dalam tubuh. Tangan yang memegang kursi di angkutan umum, knop pintu, bahkan remote control ternyata dapat memindahkan penyakit dan masuk ke bagian tubuh yang rentan seperti mata, mulut, dan hidung. That’s why disarankan  mencuci tangan dengan sabun dan air  untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit.


3. Cukup Istirahat
Gara-gara kerjaan menumpuk, jadi sering lembur dan kurang tidur deh. Eits, tidur di bawah 7 jam sehari bisa bikin kekebalan tubuh menurun dan rentan terserang penyakit  . Sebisa mungkin hindari pekerjaan berat di malam hari yang bikin kantuk hilang dan tahan keinginanmu untuk nonton  hingga larut malam. Yuk tidur cukup untuk jaga kesehatan tubuh!