0 %

Fri, 29 Mar 2019
Awali Pencarian Referensi dengan Rutinitas Pagi yang Lebih Produktif

Kreativitas bukan hanya jadi modal penting bagi orang-orang yang bergerak di dunia seni, tapi juga untuk menemukan solusi dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Jika mengalami kesulitan untuk berpikir kreatif bisa jadi disebabkan oleh hari yang tidak produktif dan menghambat kreativitasmu. Untungnya, ada beberapa cara untuk memaksimalkan harimu dalam memicu lancarnya aliran kreativitasmu.


1. Sarapan Sehat

Sarapan bukan hanya menjadi motor penggerak tubuh sepanjang hari, tapi juga memaksimalkan kerja otak dan meningkatkan fokus. Pilih makanan sehat yang membantumu berpikir kreatif, seperti yogurt yang kaya vitamin B untuk meningkatkan fokus.

Kombinasikan dengan berbagai varian berry dan sentuhan bubuk cokelat yang keduanya penuh antioksidan dan meningkatkan fungsi otak. Tambahkan kacang-kacangan untuk menambah kadar asam lemak omega 3 yang meningkatkan sirkulasi darah ke otak.


2. Temukan Hal Sederhana yang Menyenangkan

Menjalani hari dengan hati yang gembira bukan hanya menjadi cerminan semangat yang positif tapi juga memicu munculnya ide-ide baik. Menemukan hal sederhana yang menyenangkan bukan hanya meningkatkan kreativitas tapi juga membantu mengembangkan pandangan hidup yang lebih fleksibel dan optimis. Coba picu pikiran kreatif dengan menikmati musik bernada ceria di tengah perjalanan menuju tempat kerja atau menikmati joke-joke lucu di tengah kesibukanmu.


3. Jadwalkan Waktu untuk Berolahraga

Meluangkan waktu untuk beraktivitas fisik dapat mengurangi stres dan menjernihkan pikiran. Gerakan apa pun dapat membantumu untuk meningkatkan kreativitas sepanjang hari, mulai dari jalan cepat, berlari, atau mengikuti kelas kebugaran bersama teman. Melibatkan diri dalam gerakan yang menuntut perhatian penuh bukan hanya akan mempengaruhi kinerja secara fisik, tapi juga kreativitas dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.


4. Bawa Pekerjaan ke Luar

Mengubah pemandangan yang biasanya dilihat dan dirasakan sehari-hari dapat membantu menghancurkan batas-batas dalam mencari inspirasi. Jika memiliki lingkungan kerja yang fleksibel, tidak ada salahnya membawa pekerjaan ke luar rumah atau kantor. Berada di alam dapat membantu mengurangi stres dan menjaga mood tetap baik. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan kreativitas lewat ide-ide baru yang mengalir bebas.

Jika kesulitan meninggalkan ruangan, layangkan pandangan pada ruang-ruang yang lebih terbuka atau memiliki jendela besar. Pastikan saja jika ruang kerjamu tidak memiliki banyak hal yang mengelilingimu.


5. Buat Playlist Lagu yang Memotivasi

Suasana yang terlalu hening bisa saja menghambat munculnya kreativitasmu. Coba atasi dengan membuat playlist berisi lagu-lagu yang dapat menemani perjalananmu ke tempat kerja, melakukan pekerjaan, atau sekadar bersantai. Pilih lagu yang mampu meningkatkan mood dan menginspirasimu untuk berpikir out of the box.


Ini saatnya menguji beberapa ide ini yang dapat memberikan dampak besar bagi pencarian referensi terbaik.