0 %

Fri, 8 Nov 2019
Bekerjalah Sesuai Passion-mu!

Semua orang pasti mendambakan bisa bekerja sesuai dengan passion-nya. Nah Sobat Combi, kamu juga bisa! Mengapa bekerja sesuai passion itu menjadi hal yang penting? Yuk kita kupas bareng di sini.

 

Pekerjaan adalah apa yang kita lakukan untuk mendapatkan upah, sedangkan passion adalah apa yang kita lakukan untuk kesenangan diri sendiri, misalnya hobi. Passion dapat diartikan sebagai hal-hal yang membuat kita bersemangat atau bergairah untuk melakukannya.

Seorang filusuf bernama Aristoteles telah memahami betapa pentingnya bekerja dengan passion. Ia pernah berkata, “Kepuasan pada pekerjaan akan membuahkan hasil karya yang terbaik.” Dengan menggabungkan pekerjaan dengan passion, maka pekerjaan dapat dilakukan dengan penuh semangat karena kita menikmati prosesnya.

Keuntungannya, kita tidak malas-malasan datang ke tempat kerja, mengerjakan pekerjaan dengan suka hati, lebih fokus dan detail. Efek lainnya adalah kualitas hasil karya yang meningkat, karena kita menjadi lebih ‘perfeksionis’ dan ingin selalu memberikan yang terbaik.

 

Kelebihan bekerja sesuai passion

Bekerja memang penting agar kita bisa mandiri secara finansial dan memiliki eksistensi diri. Namun dalam jangka panjang, bekerja tak akan memenuhi kepuasan diri jika tidak sesuai dengan passion yang kita miliki. Jadi, mulai sekarang, temukanlah passion-mu.

Banyak manfaat yang didapat dengan bekerja sesuai passion. Secara psikis, kita akan lebih bahagia dan terhindar dari stres. Sedangkan dari sisi eksistensi di tempat kerja, performa kita pasti ikut meningkat. Pada akhirnya, hal ini akan mempengaruhi evaluasi kerja dan besaran gaji serta insentif yang didapat.

Tak sulit sebenarnya untuk mengetahui passion apa yang kita miliki. Sobat Combi hanya perlu melakukan analisis diri sederhana, yaitu dengan mencari tahu apa yang membuat diri sendiri bahagia. Misalnya saja dengan bermain musik, memasak, atau mendekorasi ruangan. Cobalah mencari pekerjaan yang memang tak jauh dari hal-hal tersebut.

 

Jika dihadapkan pada pilihan

Bekerja dengan passion merupakan sebuah ‘berkah’ tersendiri yang mungkin tak semua orang miliki. Banyak juga orang yang terpaksa bekerja dalam bidang yang tak ia senangi dengan alasan karena memberikan penghasilan yang tinggi. Lalu, apakah kita perlu tetap mengikuti passion?

Jawabannya, hidup ini adalah pilihan. Kita tak dapat memutuskan sesuatu hanya berdasarkan emosi semata. Bekerja dengan mengikuti passion merupakan sebuah kondisi yang sangat ideal. Jika kita melihat ada peluang untuk melakukannya, mengapa tidak? Namun buat kamu yang saat ini merasa bahwa pekerjaan yang ditekuni cukup baik dan memberikan penghasilan yang memadai, tak perlu buru-buru resign hanya karena ingin mencari pekerjaan sesuai passion.

Putuskan segala sesuatunya dengan matang. Cari tahu lebih dahulu, pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan passion-mu. Jika kamu memang sudah bosan dan tertekan dengan pekerjaan yang sekarang, itu tandanya kamu sudah harus segera mencari pekerjaan baru yang lebih membahagiakan. Memang tak semua hal bisa dinilai dengan uang, namun ada plus minusnya juga dari sebuah pekerjaan yang harus dijadikan bahan pertimbangan.

Satu lagi, menjalankan pekerjaan sesuai passion kadang juga mendapat ‘tantangan’ dari pihak keluarga maupun lingkungan sosial kita. Tak perlu berkecil hati Sobat Combi, karena kamu adalah generasi yang tak takut untuk #KalahkanBatas.

 

Referensi: