0 %

Thu, 16 May 2019
Bikin Ngabuburit Lebih Bermanfaat dengan 5 Olahraga Ringan Ini

Istilah ngabuburit bisa jadi kata yang lagi trending di bulan puasa ini. Sebutan di bahasa Sunda yang berarti waktu menunggu berbuka puasa ini biasanya diisi dengan jalan-jalan sore atau berburu takjil yang bikin waktu menunggu berbuka puasa tak lagi terasa membosankan.

Buat yang lagi bingung mencari kegiatan saat menunggu azan maghrib, coba 5 olahraga ringan berikut ini yang bikin tubuh tetap fit.


1.  Planking

Puasa seringkali bikin orang mager alias males gerak. Nah, planking bisa jadi alternatif tepat untuk mengisi waktu ngabuburit karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa memerlukan banyak tempat. Untuk melakukannya, cukup menyangga tubuh dalam posisi push up dan tahan selama 10 detik, ulang sesuai dengan keinginan.

Punya gerakan yang cukup sederhana, planking tergolong jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di tengah bulan puasa. Ada berbagai jenis planking yang bisa dilakukan, mulai dari yang basic, side, atau skydive yang dapat melatih kekuatan otot inti, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan memperbaiki postur tubuh.


2. Yoga

Olahraga yang makin banyak diminati ini memang tidak akan membuatmu mengeluarkan keringat yang berlebihan, sehingga cocok dipraktikkan di bulan puasa. Gerakannya memang sederhana tapi cukup efektif untuk mengurangi stres, meningkatkan kelenturan tubuh, hingga melatih keseimbangan. Kamu bisa mengikuti kelas khusus yang mengajarkan berbagai jenis yoga atau mengikuti gerakannya di aplikasi maupun video.


3. Bersepeda

Kehabisan aktivitas seru untuk ngabuburit? Keluarkan sepedamu dan kayuh bersama teman maupun anggota keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Bersepeda dengan kayuhan ringan di sekitar lingkungan rumah bisa dilakukan 1-2 jam sebelum berbuka sehingga tidak sampai menguras energi dan membuatmu kehausan. Tapi jangan remehkan manfaatnya karena bersepeda secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh tanpa membebani otot maupun persendian.


4. Jalan Santai

Olahraga yang tergolong mudah ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Kenakan sepatumu dan berjalan kaki di sekitar komplek rumah maupun alun-alun kota sambil menikmati suasana ngabuburit yang hanya bisa dialami sekali dalam setahun. Ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari berjalan kaki untuk menjaga kesehatanmu di bulan puasa, apalagi jika dilakukan secara rutin.


5. Tai Chi

Mungkin kamu sering melihat olahraga yang diminati orang-orang lanjut usia dan dilakukan di lapangan yang cukup luas. Jenis olahraga yang mengombinasikan pernafasan dan gerakan halus mirip tarian ini juga bisa jadi pilihan tepat selama berpuasa. Siapa pun bisa mencobanya untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.


Jangan ragu memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan saat ngabuburit ini. Energi yang dijeluarkan tidak terlalu besar, tapi cukup untuk menjaga kondisi tubuh selama berpuasa. Yuk, coba 1-2 jam sebelum waktu berbuka.