0 %

Fri, 27 Jul 2018
Bikin Olahraga Makin Efektif dengan Teknik Napas yang Tepat

Bernapas! Perintah ini sering dilontarkan oleh pelatih pribadi atau rekan-rekan untuk mengingatkanmu, seolah-olah selama ini kamu tidak tahu caranya. Tapi selama berolahraga, kebanyakan orang cenderung kehabisan napas hingga mengalami kram otot, bahkan pusing karena kekurangan oksigen. Agar olahraga pilihanmu berjalan efektif, lakukan teknik pernapasan berikut ini.

1. Berlari

Olahraga ini memang tampak sederhana, tapi ada banyak hal yang wajib dikuasai, seperti bentuk tubuh, tempo hingga strategi. Belum selesai sampai di situ, teknik pernapasan yang tidak tepat dapat mengganggu kecepatan dan kinerjamu. Banyak pelari merasa nyaman untuk mengambil dua langkah lalu menarik napas, lalu dua langkah lagi untuk menghembuskan napas.

Beberapa orang memilih bernapas melalui mulut, tapi ada juga yang memilih melalui hidung yang membantu menghangatkan udara saat memasuki paru-paru dan meminimalkan asupan alergen. Bisa juga menjajal menarik napas sekali melalui hidung dan buang napas dua kali melalui mulut saat berlari. Apapun teknik pernapasan yang digunakan, pilih mana yang terasa tepat untukmu.

2. HIIT Sport

HIIT yang berintensitas tinggi bisa membuatmu cepat kehabisan napas. Melompat-lompat selama 30 detik misalnya cenderung membuatmu mengambil napas dalam-dalam melalui mulut untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dengan cepat. Tapi hal ini sebenarnya menurunkan kadar karbon dioksida dalam darah dan menghambat kemampuan tubuh untuk melepaskan oksigen dalam sel.

Bernapas melalui hidung merupakan teknik yang disarankan karena membantu membersihkan udara dan menghilangkan potensi iritasi. Selain itu, cara ini juga membantu mengatur suhu udara yang dihirup. Jika berada di titik di mana mulai kehabisan napas, turunkan intensitasnya sampai kamu bisa melanjutkannya lagi.