0 %

Mon, 15 Apr 2019
Bisa Tutupi Potensi Diri, 5 Hal Negatif Ini Wajib Dihindari

Merasa hidupmu tak ada kemajuan dan gitu-gitu saja? Bisa jadi penyebabnya ada pada dirimu sendiri yang belum bisa memanfaatkan potensi diri dengan maksimal. Apalagi kalau tertutupi dengan 5 hal negatif berikut yang dapat melumpuhkan potensi hebatmu.


1. Minder

Perasaan tidak mampu melakukan sesuatu bisa memicu perasaan minder. Jika dibiarkan tentunya akan membuatmu terus bersembunyi di zona nyaman dan menutup diri dari lingkunagn luar. Agar rasa minder berkurang, curahkan waktu dan tenagamu untuk berusaha dan banyak belajar. Ubah mindset untuk berani mencoba, siapa tahu kemampuanmu akan berkembang pesat dan jauh lebih hebat daripada apa yang dipikirkan saat ini.


2. Terlalu Khawatir dengan Pendapat Orang Lain

Mendengarkan saran dan kritik dari orang lain boleh saja, apalagi jika memang ditujukan untuk memperbaiki diri dan membantu mencapai tujuanmu. Tapi terus-menerus mencemaskan pendapat orang lain tentu tak aka nada habisnya, bahkan hanya akan membuatmu urung melangkah dan tak unya keberanian untuk mengeksplorasi potensi dalam diri.

Jangan sampai perasaan cemas dan negative thinking menghalangimu untuk meraih impian, selama apa yang diinginkan dan dilakukan itu adalah hal yang positif. Anggap saja komentar buruk dari orang lain sebagai lecutan dalam meraih impian.


3. Takut Gagal

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih untuk tinggal di zona nyaman dan membatalkan niat mengejar impian adalah ketakutan akan kegagalan. Akibatnya, kamu memilih untuk jalan di tempat dan membiarkan potensimu tersembunyi.

Jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, tinggal bagaimana cara pandangmu menlihatnya sebagai kegagalan atau pelajaran. Setelah menyadari jika pengalaman seburuk apapun akan membuatmu lebih bijak dan kuat, maka pikiran negatif seperti takut gagal tidak akan muncul lagi.


4. Cepat Puas

Seharusnya tak ada kata berhenti belajar, apapun profesimu. Ada begitu banyak ilmu yang bisa dipelajari, tidak harus yang berkaitan dengan karir atau apa yang menjadi kesukaanmu saat ini. Semakin banyak yang dipelajari maka potensimu akan terus tergali, bahkan mungkin menemukan kemampuan baru yang selama ini belum tergali. Jangan pernah mudah puas, apalagi soal ilmu kehidupan yang akan meningkatkan kualitas hidupmu.


5. Selalu Punya Alasan untuk Berkata “Tidak

Begitu melihat masalah di depan mata, kamu punya beribu alasan untuk menyerah dari awal. Mulai dari ketidakmampuan, takut untuk gagal, hingga berbagai faktor yang membuatmu yakin akan kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


Kalahkan ketakutanmu dan coba curahkan semua upaya yang dimiliki, gali potensi untuk mendapatkan solusi terbaik. Jadikan kesulitan yang dialami menjadi sesi melatih diri untuk memunculkan potensi diri sepenuhnya.

Ini lho 5 hal yang bikin potensi hebatmu tak mampu tergali maksimal dan menghambat kesuksesanmu sendiri. Yuk, kalahkan tantangan dan munculkan potensi terbaikmu!