0 %

Thu, 16 May 2019
Buka Puasa dengan Air Putih Hangat, Awal Tepat untuk Tetap Sehat

Begitu adzan berkumandang, kebanyakan orang akan langsung mencari minuman dingin untuk menghapuskan rasa haus yang sudah tak tertahankan. Tapi berbuka puasa bukan hanya soal makanan atau minuman mana yang paling lezat, tapi juga harus mempertimbangkan faktor kesehatan.

Nah, oleh para dokter dan ahli kesehatan, buka puasa disarankan diawali dengan konsumsi air hangat saat perut dalam kondisi kosong. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuhmu!


1. Membantu Detoks Tubuh

Saat menunggu waktu berbuka puasa tiba, sudha terbayang betapa enaknya meneggak minuman dingin dan manis itu. Eits, nanti dulu!

Langsung meminum air dingin saat perut dalam kondisi kosong bisa memicu kontraksi pada organ pencernaanmu. Sebaiknya konsumsi air hangat terlebih dahulu setelah berpuasa seharian sehingga dapat memaksimalkan fungsi sistem pencernaan dan mendorong proses detoks atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.


2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Tiba-tiba meminum air dingin saat buka puasa bisa bikin perut terasa kurang nyaman, karena lambung butuh menyesuaikan diri setelah belasan jam tak terisi. Biasakan untuk konsumsi air hangat yang dapat meningkatkan kerja usus, melancarkan pencernaan, dan mengurangi gejala sembelit yang seringkali menyiksa di tengah bulan Ramadan.


3. Menurunkan Berat Badan

Puasa tapi jarum timbangan malah makin ke kanan? Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaanmu untuk langsung minum air dingin dan manis saat berbuka puasa. Minum air hangat setelah berpuasa seharian dapat memicu perasaan kenyang dan mencegahmu makan berlebihan. Air hangat pun dipercaya dapat menaikkan suhu tubuh dan memungkinkan untuk membakar kalori sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan.


4. Melancarkan Peredaran Darah

Konsumsi air hangat dalam keadaan perut kosong memang terbukti mampu membantu proses detoks atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Reaksi ini pun berdampak pada lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh sehingga membuat tubuh terasa lebih fit dan kesehatannya lebih terjaga.


5. Cegah Masalah Kulit

Kebanyakan wanita sering mengeluhkan kulit yang berubah kering dan kusam di tengah bulan puasa, karena membatasi asupan air putih. Nah, dengan membiasakan meminum segelas air hangat setiap hari dapat membantu tubuh membuang racun dalam tubuh, memperbaiki sel kulit, dan mempertahankan keelastisan kulit. Kulit bukan hanya terasa lembap, tapi juga lebih bersih dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.


Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan meminum air hangat sebagai awal buka puasa. Yakin nggak mau mengikuti kebiasaan baik ini?