0 %

Mon, 17 Jun 2019
Bukan Hanya Bikin Happy Orang Lain, Sebarkan Kebaikan Beri Banyak Manfaat Lain

Hidup penuh dengan gangguan kecil yang dipicu oleh orang-orang di sekitarmu, mulai dari pengendara kendaraan yang memotong jalurmu, orang yang menyerobot antrianmu, hingga anggota keluarga yang selalu membuat rumah jadi berantakan. Sangat mudah untuk merespon hal-hal ini dengan perasaan frustasi.

Tapi daripada membiarkan diri berubah menjadi pribadi yang negatif dan cuek karena pengaruh sekitarmu, sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk menyebarkan kebaikan yang bisa beri banyak manfaat, seperti berikut ini.


1. Membahagiakan Diri Sendiri

Bukan hanya membuat orang lain merasa happy, saat melakukan perbuatan baik pada orang lain kita pun merasa senang. Di tingkat spiritual, hal ini dipicu oleh munculnya perasaan telah melakukan hal yang tepat dan menunjukkan pada diri sendiri bahwa kamu adalah orang yang baik. Sedangkan secara biokimiawi, rasa senang yang muncul setelah menolong orang lain diyakini dapat meningkatkan level alami dopamine di otak atau dikenal dengan efek “Helper’s High”.


2. Menyehatkan Jantung

Berbuat baik terbukti memiliki beberapa manfaat yang berhubungan dengan kesehatan. Selain memunculkan perasaan bahagia yang dapat melawan stres, bersikap baik juga akan melepaskan hormon oksitoksin.

Hormon ini memicu pelepasan nitrat oksida dalam pembuluh darah yaitu zat kimia yang melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Tidak heran jika oksitoksin ini dikenal sebagai hormon pelindung jantung karena dapat mengurangi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan tekanan darah.

 

3. Memperlambat Penuaan

Penuaan bisa terjadi akibat kombinasi dari banyak hal, tapi radikal bebas dan peradangan yang merupakan hasil dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempercepat proses tersebut. Menurut situs Huffpost, oksitosin rupanya bukan hanya menjaga kesehatan jantung tapi juga mengurangi kadar radikal bebas dan memperlambat penuaan langsung pada sumbernya. Begitu juga penelitian ilmiah tentang kuatnya hubungan antara kasih sayang dan aktivitas saraf vagus yang dapat mengontrol tingkat peradangan dalam tubuh.


4. Menjalin Hubungan yang Lebih Baik

Ini merupakan salah satu poin yang paling jelas. Kita sendiri akan menyukai seseorang yang menunjukkan kebaikan pada dirimu. Hal ini terjadi karena kebaikan mengurangi jarak emosional antara dua orang dan membuatmu merasa lebih terhubung. Tidak heran jika melakukan perbuatan baik satu sama lain, kamu akan merasakan hubungan yang lebih kuat dengan sesama.


5. Menginspirasi Orang Lain untuk Berbuat Baik

Sama seperti kerikil yang menciptakan gelombang saat dilemparkan ke kolam, begitu juga tindakan kebaikan menyentuh kehidupan orang lain dan menginspirasi kebaikan ke mana pun gelombang itu pergi. Kebaikan memiliki efek berlipat ganda, bahkan tindakan sederhana seperti membukakan pintu bagi orang lain efeknya akan jauh lebih kuat daripada yang dibayangkan.


Siap melakukan kebaikan hari ini?